Jum'at, 26/04/2024 06:44 WIB

Anthony Fauci: Herd Immunity Butuh Tingkat Vaksinasi 90 Persen

Lebih dari 1 juta orang Amerika telah menerima dosis pertama vaksin sejak 14 Desember, atau hanya sekitar 0,3 persen dari populasi.

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Anthony Fauci berbicara selama dengar pendapat Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja dan Pensiun Senat di Washington, DC, pada 30 Juni 2020. (Foto: Al Drago / Pool via REUTERS)

New York, Jurnas.com - Ahli Penyakit Menular Amerika Serikat (AS), Dr Anthony Fauci mengatakan, kekebalan kawanan (Herd Immunity) terhadap virus corona baru (COVID-19) memerlukan tingkat vaksinasi mendekati 90 persen.

Dilansir dari Reuters, menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS, lebih dari 1 juta orang Amerika telah menerima dosis pertama vaksin sejak 14 Desember, atau hanya sekitar 0,3 persen dari populasi.

Fauci, yang menasihati Presiden Donald Trump dan Presiden terpilih Joe Biden soal pandemi, mengakui secara bertahap meningkatkan perkiraannya dari awal tahun, ketika cenderung mengatakan hanya 60 persen hingga 70 persen yang perlu diinokulasi agar kekebalan kawanan tercapai.

"Kita perlu memiliki kerendahan hati di sini. Kami benar-benar tidak tahu berapa angka sebenarnya. Saya pikir kisaran sebenarnya adalah antara 70 hingga 90 persen. Tapi, saya tidak akan mengatakan 90 persen," kata Fauci kepada New York Times.

Saat ini banyak warga Amerika yang melakukan penerbangan dibandingkan hari lain sejak pandemi muncul pada Maret.  Menurut data dari Administrasi Keamanan Transportasi AS sebanyak  1.191.123 penumpang melewati pos pemeriksaan bandara.

Data tersebut menunjukkan banyak yang mengabaikan saran ahli kesehatan masyarakat untuk menghindari bepergian merayakan Hari Natal pada hari Jumat. Fauci dan pakar lainnya mengatakan jarak sosial akan diperlukan hingga tahun 2021 karena vaksin perlahan-lahan diluncurkan.

Lalu lintas pada Rabu (23/12) tertinggi era pandemi sebelumnya pada 29 November, Minggu setelah liburan Thanksgiving, ketika 1.176.091 orang melewati pos pemeriksaan TSA, mendahului lonjakan baru dalam kasus COVID-19 di banyak negara bagian.

Petugas kesehatan, penghuni panti jompo, pejabat terpilih dan petugas pemadam kebakaran termasuk di antara mereka yang menerima vaksin terlebih dahulu. Kebanyakan orang Amerika telah diberitahu bahwa mungkin perlu waktu enam bulan atau lebih sebelum mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan.

Fauci, yang ditunjuk sebagai direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular pada tahun 1984, mengatakan dalam wawancara bersedia untuk mengungkapkan keyakinannya karena jajak pendapat menunjukkan orang Amerika menjadi agak kurang skeptis tentang vaksin baru.

Semakin menular suatu penyakit, semakin tinggi tingkat vaksinasi yang diperlukan untuk mencapai ambang kekebalan kawanan, di mana penyebarannya dapat dikendalikan.

"Ketika jajak pendapat mengatakan hanya sekitar setengah dari semua orang Amerika yang akan menerima vaksin, saya mengatakan kekebalan kawanan akan memakan waktu 70 hingga 75 persen," Fauci, yang berusia 80 pada Kamis, mengatakan kepada Times.

"Kemudian, ketika survei yang lebih baru mengatakan 60 persen atau lebih akan menerimanya, saya berpikir, `Saya bisa mendorongnya sedikit,` jadi saya pergi ke 80, 85. `

KEYWORD :

Anthony Fauci Herd Immunity Amerika Serikat Tingkat Vaksinasi 90 Persen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :