Kamis, 18/04/2024 13:56 WIB

Gus Yaqut Jabat Menag, Ini Harapan Umat Khonghucu Indonesia

Sejumlah tokoh dan pemuka agama mengapresiasi terpilihkan Gus Yaqut menjadi Menteri Agama Republik Indonesia.

Gus Yaqut Cholil Qumas Menteri Agama RI. (Foto : Jurnas/Doknet).

Jakarta, Jurnas.com- Sejumlah Tokoh Khonghucu Indonesia memberikan apresasi atas dipilih dan dilantiknya Gus Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama Republik Indonesia (RI). Keluarga besar Generasi Muda Khonghucu Indonesia (GEMAKU) mengucapkan selamat bertugas kepada Gus Yaqut. "Right man on the right place", kata yang pantas atas dipilihnya Gus Yaqut sebagai Menag.

"Tempatkanlah orang-orang sesuai dengan kecakapannya, maafkanlah kesalahan-kesalahan kecil, dan angkatlah orang-orang bijaksana. Begitulah kalimat yang terucap oleh Nabi Kongzi saat ditanya perihal bagaimana mengisi pemerintahan,” cerita Ketua Umum GEMAKU Kristan dalam siaran tertulisnya, Rabu (23/12)

Ia mengatakan Gus Yaqut adalah sosok yang dikenal plural, tegas, berani, dan diterima semua kalangan lintas agama ini ialah sosok yang tepat untuk diberikan tugas menjaga keharmonisan moderasi beragama di Indonesia yang sudah menjadi tagline Kementerian Agama.

Menurutnya, Generasi Muda Khonghucu Indonesia menyambut positif Gus Yaqut menjadi Menag. Ia adalah sebuah oase kegembiraan dan harapan baru, dimana beliau diharapkan dapat membawa angin segar khususnya untuk umat Khonghucu yang minoritas.

"Memang suara kami bagai setetes gerimis di atas atap Istana yang kadang tak terdengar dan terasakan oleh mereka yang berada di dalamnya. Namun semoga dengan prinsip Gus Yaqut yang selalu membela yang lemah seperti Gusdur. Gemaku berharap Gus Yaqut mendengar, merasakan empatinya." Harap Kristan.

"Semoga Gus Yaqut dapat amanah menjalankan tugas, bekerja esktra menjaga kepercayaan rakyat dengan kerja nyata dalam mengawal keberagaman negeri, mengayomi seluruh elemen bangsa dan keyakinan anak bangsa tanpa terkecuali. Tetaplah Gus Yaqut selalu bersahaja, egaliter, tidak sombong dan mengayomi bagi kami semua. Jadilah Bintang Utara yang selalu terang benderang menjadi pemimpin bintang-bintang lain yang mengelilinginya." Sambungya.

Tokoh Khonghucu dari Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Jawa Timur, Alim Sugiantoro, juga menyampaikan apresiasinya atas dilantiknya Gus Yaqut.

"Kami menilai Gus Yaqut sosok yang paling tepat duduk sebagai Menteri Agama, Beliau dekat dengan banyak kalangan, hingga mampu merangkul banyak pihak yang terdiri dari berbagai perbedaan." Ungkap Alim.

KEYWORD :

Gus Yaqut Menteri Agama Khonghucu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :