Rabu, 24/04/2024 06:45 WIB

Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono Jadi Menteri KKP Gantikan Edhy Prabowo

Sekarang Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan posisi yang dulu dipegang Edhy Prabowo.

Menteri Kelautan dan Perikanan terpilih, Sakti Wahyu Trenggono

Jakarta, Jurnas.com - Sakti Wahyu Trenggono tak lagi menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

Sekarang Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan posisi yang dulu dipegang Edhy Prabowo.

"Beliau Wakil Menteri Pertahanan akan diberikan tanggung jawab untuk jadi Menteri Kelautan dan Perikanan," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/12).

Edhy Prabowo sendiri saat ini merupakan tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga menerima suap terkait ekspor benih lobster.

Dikutip dari Wikipedia, Sakti Wahyu Trenggono lahir di Semarang, 3 November 1962. Selain sebagai politisi, dia juga merupakan pengusaha papan atas nasional. 

Ia sempat menjadi bendahara Partai Amanat Nasional (PAN) dari 2009 sampai sekitar tahun 2013 saat Hatta Rajasa menjadi ketua umumnya.

Kedekatannya dengan Jokowi juga sudah terjalin cukup lama. Bahkan, Wahyu menjadi bendahara tim pemenangan Jokowi sejak mantan gubernur DKI Jakarta itu masih berkiprah di Solo, sebelum akhirnya maju ke Jakarta dan tingkat nasional sebagai presiden.

Pria lulusan S-1 Teknik Industri Institut Teknologi Bandung dan S-2 Magister Management juga di kampus yang sama ini memulai karier di Federal Motor sebagai programmer pada 1986–1992. 

Dia juga menjabat sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan INKUD, dan juga sebagai komisaris di PT Tower Bersama Tbk dari tahun 2009.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Komisaris di PT Merdeka Copper Gold Tbk dari tahun 2018. Namanya juga masuk dalam daftar salah satu pengusaha lokal yang pertama bermain cloud melalui Indonesian Cloud. Pria ini juga salah satu inisiator berdirinya Asosiasi Penyedia Menara Telekomunikasi Indonesia (ASPMITEL).

Sakti Wahyu Trenggono dibesarkan di lingkungan keluarga yang sederhana. Kariernya dimulai ketika Trenggono menjadi karyawan di PT Astra International Tbk lewat program Astra Basic Training atau management trainee pada 1988. 

Statusnya saat itu masih sebagai mahasiswa semester akhir ITB dan belum mendapat gelar sarjana. Ia pun ditempatkan ke dalam unit bisnis informasi teknologi.

Selama menjadi Wamenhan, namanya memang tidak terlalu sering muncul karena kalah bersinar dari Prabowo Subianto sebagai Menhan. 

Belum lama ini, dirinya sempat memimpin acara penyerahan kartu tanda anggota (KTA) kader Bela Negara dan peluncuran website Bela Negara di Gedung Urip Sumohardjo Kemhan, Jakarta, bertepatan dengan momen Hari Bela Negara ke-72 Tahun 2020.

KEYWORD :

Reshuffle Kabinet Jokowi Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono Menteri KKP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :