Jum'at, 19/04/2024 21:46 WIB

Peringati Hari Migran Internasional, Kemnaker Beri Penghargaan kepada Pelindung PMI

Penghargaan bertajuk Indonesia Migrant Worker Award (IMWA) tahun 2020 ini bertepatan dengan momen Hari Migran Internasional yang diperingati setiap 18 Desember.

Kemnaker memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang berjasa dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarganya. (Foto: Kemnaker)

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Ketenagakerjaan memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang berjasa dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarganya. Pemberian penghargaan dilakukan di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Penghargaan bertajuk Indonesia Migrant Worker Award (IMWA) tahun 2020 ini bertepatan dengan momen Hari Migran Internasional yang diperingati setiap 18 Desember.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan yang telah bekerja sama, bekerja keras, dan berjuang untuk PMI.

"Semoga dengan apresiasi ini Bapak dan Ibu semua semakin bersemangat untuk selalu menebar kebaikan dan melakukan yang terbaik untuk pekerja migran kita," kata Menaker Ida.

Ia berharap, penghargaan dari pihaknya menjadi motivasi untuk yang lainnya, sehingga saling berlomba untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan peran dan tanggung jawab masing-masing.

Direktur Jenderal Binapenta dan PKK Kemnaker, Suhartono, mengatakan, peringatan Hari Migran Internasional tahun ini mengusung tema `Tetap Bekerja Keras Meski Pandemi Covid-19, Berangkat Aman Pulang Mapan`.

"Pemilihan tema ini dilatarbelakangi dengan kondisi saat ini, serta harapan ke depan agar PMI dapat berangkat bekerja secara prosedural dan pulang ke tanah air dengan selamat dan sejahtera," kata Suhartono.

Suhartono mengatakan, pelaksanaan Peringatan Hari Migran Internasional dan Pemberian Penghargaan IMWA Tahun 2020, merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah dilakukan selama 2 tahun terakhir ini.

Namun pada tahun ini, penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan agak berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini kegiatan dilakukan secara hybrid, yaitu dengan kehadiran fisik secara terbatas, serta diikuti secara virtual oleh perwakilan dari sepuluh negara tujuan penempatan, dan juga Otoritas Taiwan, sesuai dengan kedudukan atase ketenagakerjaan/staf teknis ketenagakerjaan, serta perwakilan di sepuluh dinas provinsi/kabupaten/kota asal PMI terbanyak untuk penempatan di tahun 2020.

Daftar peraih IMWA 2020

1. Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Berkinerja Baik I: PT Parco Laut

2. Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Berkinerja Baik II: PT Dwicitra Tri Patria

3.Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Berkinerja Baik III: PT Mitra Sarana Internasional

4.Dinas Provinsi terbaik dalam memberikan pelayanan penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur

5.Dinas Kab/Kota terbaik dalam memberikan pelayanan penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia: Kabupaten Ponorogo

6.Desa Peduli Pekerja Migran Indonesia: Desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati

7.Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PPPMI) terbaik dalam memberikan pelayanan Pekerja Migran Indonesia: LTSA Indramayu

8.Media televisi yang mendukung penuh program pelindungan Pekerja Migran Indonesia: Metro TV

9.Media Online yang mendukung program pelindungan Pekerja Migran Indonesia: Detik.com

10. Pekerja Migran Indonesia Purna penempatan berprestasi I: Barno

11.Pekerja Migran Indonesia Purna penempatan berprestasi II: Heni Sri Sundari

12. Atase Ketenagakerjaan yang inovatif dalam memberikan pelindungan Pekerja Migran Indonesia: Suseno Hadi, Atase Ketenagakerjaan KBRI Amman Kerajaan Yordania

KEYWORD :

Kinerja Menteri Tenaga Kerja Menaker Ida Penghargaan Hari Migran PMI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :