Rabu, 17/04/2024 05:13 WIB

Wamenag Imbau Mahasiswa Kuliah Jangan Cuma Kejar Gelar

Yang lebih penting dari itu, kata Wamenag, ialah memiliki kompetensi untuk mampu bersaing di tengah era Revolusi Industri 4.0.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa`adi mengingatkan mahasiswa perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI), agar tidak belajar hanya semata-mata untuk meraih gelar.

Yang lebih penting dari itu, kata Wamenag, ialah memiliki kompetensi untuk mampu bersaing di tengah era Revolusi Industri 4.0.

Wamenag menyontohkan, rencana Google membuat pendidikan dan kursus online untuk mendapatkan pekerja yang dibutuhkan. Google Learning Certificates ini berbayar dan akan menyediakan skema beasiswa bagi yang terpilih.

Para peserta akan dilatih selama enam bulan secara intensif, untuk memenuhi kebutuhan beberapa perusahaan. Google Learning Certificate ini merupakan tantangan relevansi keilmuan yang diajarkan di perguruan tinggi, termasuk PTKI.

"Melihat tantangan serta tren semacam ini, saya meminta PTKI jangan terjebak dalam proses pembelajaran yang mengarah kepada upaya mencapai gelar semata (certificate oriented) tanpa diimbangi dengan kompetensi, dan pengetahuan yang memadai," tegas Wamenag pada Selasa (15/12).

"Jika PTKI tidak melakukan kontrol terhadap mutu atau kualitas alumninya, maka dampaknya nanti akan kembali kepada perguruan tinggi tersebut," lanjut Wamenag.

Menurut Wamenag, penguatan kompetensi lulusan saat ini sangat penting. Selain menjawab tantangan zaman dan relevansi dengan kebutuhan umat, salah satu instrument penilaian dalam akreditasi institusi (lembaga) dan juga program studi adalah tracer study, serta daya serap kerja (employability after graduation).

Untuk itu, kata Wamenag, sangatlah tepat dikatakan bahwa kualitas PTKI dapat dilihat dari kualitas para alumninya. Kebijakan kampus merdeka khas PTKI, diperkirakan akan rampung dalam waktu dekat, dan itu bisa dijadikan pedoman bagi PTKI.

KEYWORD :

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Perguruan Tinggi Gelar Sarjana




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :