Rabu, 17/04/2024 06:47 WIB

Di Negara Ini, Tiap Menit Ada Nikah di Bawah Umur

Sebuah laporan yang dirilis Save the Children, menunjukkan tiap tujuh detik terjadi pernikahan anak-anak gadis yang masih berusia di bawah lima belas tahun.

Ilustrasi pernikahan di bawah umur./foto:net

London - Sebuah laporan yang dirilis Save the Children, yang bertepatan dengan Hari Anak Perempuan Internasional pada Selasa (11/10), menunjukkan tiap tujuh detik terjadi pernikahan anak-anak gadis yang masih berusia di bawah lima belas tahun.

Tanggal 11 Oktober ditetapkan sebagai Hari Anak Perempuan Internasional oleh PBB sebagai hari untuk mengingat hak-hak sebelas juta anak perempuan di seluruh dunia, beserta sejumlah tantangan-tantangan yang mereka hadapi.

Menurut Save the Children, di beberapa negara termasuk Afghanistan, Yaman, India dan Somalia, hampir tiap tujuh detik bisa dipastikan terjadi pernikahan anak perempuan berusia 10 tahun yang dinikahi laki-laki tua. Pernikahan usia bocah tersebut mengakibatkan anak-anak menjadi rentan terhadap kematian, peluang kematian lebih besar karena tubuhnya belum siap untuk melahirkan.

"Pernikahan anak di bawah umur menyebabkan siklus kerugian yang menghilangkan hak paling dasar bagi anak anak adalah belajar, berkembang, dan berlaku selayaknya anak anak pada umumnya," kata CEO Internasional Ssve The Children, Helle Thorning-Schmidt, seperti dikutip dari Reuters.

Menurut Thorning-Schmidt, anak perempuan yang menikah terlalu dini lebih sering mengalami kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan dan pemerkosaan. Tak jarang, dan kebanyakan dari mereka, kemudian hamil dan terserang penyakit infeksi seksual termasuk juga HIV.

Rilis tersebut kemudian melakukan pemeringkatan, dan menyebut peringkat negara-negara yang paling baik dan paling buruk dalam hal memperlakukan wanita berdasarkan pada tingkat pernikahan anak-anak, pendidikan, kehamilan remaja, kematian ibu hamil dan banyaknya anggota parlemen wanita.

Termasuk dalam negara-negara yang memiliki indeks peringkat paling rendah adalah Nigeria, Chad, Republik Afrika Tengah, Mali, dan Somalia.

Konflik, kemiskinan, dan konflik kemanusiaan menjadi faktor utama penyebab anak-anak menjalani pernikahan di bawah umur. Namun begitu, menurut rilis Save the Children, penutupan sekolah-sekolah di tengah menjangkitnya Ebola mengakibatkan sekitar 14.000 remaja hamil di Sierra Leone selama masa penyebaran wabah tersebut.

Lembaga PBB untuk anak-anak, UNICEF, memperkirakan wanita yang menikah saat mereka berusia muda akan meningkat dari 700 juta saat ini, mencapai sekitar 950 juta di tahun 2030.[]

KEYWORD :

jurnas pernikahan dini nikah bawah umur di negara ini tap menit save the children detik unice




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :