Jum'at, 19/04/2024 01:23 WIB

Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksin Covid-19, Ini Daftarnya

Kelima Juru Bicara akan  berikan informasi yang komprehensif, akurat dan kredibel kepada masyarakat

Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Johnny Gerard Plate saat memberikan sambutan konferensi pers Kedatangan Vaksin COVID-19 di Jakarta, Senin 7 Desember 2020. (Foto: Tangkap Layar/ Jurnas.com)

Jakarta - Pemerintah menunjuk lima Juru Bicara untuk Vaksin Covid-19 untuk berikan informasi yang komprehensif, akurat dan kredibel kepada masyarakat. Hal ini menyusul tibanya 1,2 juta dosis vaksin Simovac.

Para Juru Bicara itu Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, Direktur Registrasi Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucia Rizka Andalusia dan Corporate Secretary PT Bio Farma, Bambang Herianto.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, Siti Nadia, Lucia Rizka, dan Bambang Herianto berperan membangun pemahaman yang tepat terkait kebijakan dan isu terkait serta membangun partisipasi publik untuk mensukseskan program vaksinasi dan dan penanganan Covid-19.

Sementara, juru bicara yang telah ditunjuk pemerintah sebelumnya, Prof. Wiku Adisasmito yang merupakan Juru Bicara Penanganan Covid-19 akan menambah fokus pada aspek sains dari vaksin, dan dr Reisa Broto Asmoro selaku Juru Bicara dan Duta Perubahan Perilaku akan fokus pada menerangkan perilaku hidup sehat yang berbasis pencegahan termasuk vaksinasi.

“Kelima juru bicara ini akan saling melengkapi dalam upaya komunikasi publik dan sosialisasi agar informasi tentang perkembangan vaksin dan vaksinasi Covid-19 dapat tersampaikan ke masyarakat secara terpadu, cepat, dan merefleksikan dinamika yang terjadi di lapangan,” kata Johnny, Senin (17/12/2020).

Menurut Johnny, komunikasi publik juga membutuhkan upaya proaktif dan pendekatan yang relevan dengan mempertimbangkan kejelasan arus informasi, perkembangan situasi dan zaman, serta teknologi, juga unsur lokalitas di setiap daerah.

Hal ini penting agar seluruh lapisan masyarakat memiliki pemahaman yang tepat dalam setiap milestone vaksinasi Covid-19 baik dalam proses pravaksinasi, vaksinasi, maupun pascavaksinasi.

Program dan sosialisasi vaksinasi Covid-19 perlu dukungan dari semua pihak demi memutus rantai penyebaran di Tanah Air. Pemerintah juga memprioritaskan keselamatan rakyat Indonesia dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nanti.

Secara paralel, pemerintah tengah mematangkan kesiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 agar berjalan lancar dan tepat sasaran. Mulai dari infrastruktur distribusi, sarana, prasarana, sumber daya manusia, simulasi dan sosialisasi.

Masyarakat diharapkan mendukung vaksinasi Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Karena vaksinasi disertai disiplin 3M, dan penguatan 3T (testing, tracing, treatment) adalah langkah penting untuk melindungi kesehatan, membangkitkan produktivitas, dan mengakhiri pandemi Covid-19.

KEYWORD :

Vaksin Covid-19 Juru Bicara Johny G Plate




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :