Jum'at, 19/04/2024 14:04 WIB

Perkuat Kostratani, Polbangtan Yogyakarta Magelang Gelar Pelatihan IT

Jika para penyuluh pertanian melek informasi teknologi, maka para petani dapat mengembangkan subsektor pertanian dengan cepat dan akurat.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang melakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan informasi teknologi (IT) untuk mendukung Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) bagi penyuluh dan penyuluh swadaya di Kecamatan Playen Gunung Kidul.

Yogyakarta, Jurnas.com - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang melakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan informasi teknologi (IT) untuk mendukung Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) bagi penyuluh dan penyuluh swadaya di Kecamatan Playen Gunung Kidul.

Kepala Penjaminan Mutu Pendidikan Polbangtan, Siti Astuti, yang mewakili Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang menyampaikan pemanfaatan IT sangat penting untuk mengisi laporan utama Kementrian Pertanian (Kementan), rapat secara virtual dan koordinasi lainnya yang berbasis internet.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di beberapa kesempatan mengatakan, pembangunan pertanian harus dimulai dari Balai Pelatihan Pertanian (BPP) di tingkat Kecamatan untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan perannnya mewujudkan keberhasilan pertanian ke depannya.

Penggagas Kostratani itu mengatakan, jika para penyuluh pertanian melek informasi teknologi, maka para petani dapat mengembangkan subsektor pertanian dengan cepat dan akurat.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, Windu juga menyampaikan, IT mendukung Kostratani dimana BPP sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan.

"Semua menggunakan IT untuk rapat-rapat menggunakan aplikasi zoom, tidak perlu ke dinas pertanian dan pangan cukup dari BPP saja," ujarnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengarahkan agar penyuluh bisa beradaptasi dengan perubahan zaman agar program pertanian dapat terus berjalan di tengah pandemi.

Sekadar diketahui, kegiatan pelatihan yang digelar pada Rabu 24 Novomber 2020 ini diikuti oleh 15 orang penyuluh dan penyuluh swadaya di Kapanewon  Playen, Gunung Kidul. Materi yang disajikan di antaranya pemanfaatan IT untuk mendukung Kostratani.

Peserta dapat menanfaatkan Android, laptop untuk memberikan data dan bisa untuk berbisnis serta untuk rapat secara virtual. Kemudian dilanjut dengan materi tentang laporan utama Kementerian Pertanian engan tujuan peserta penyuluh dan penyuluh swadaya untuk memdukung Kostratani satu data.

KEYWORD :

Polbangtan Yogyakarta Magelang Pamanfaatan Teknologi Informasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :