Jum'at, 26/04/2024 05:20 WIB

Nawal Harapkan Ekonomi Kreatif Jadi Kekuatan Sumut

Kaum milenial harus mampu melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi dan budaya, bukan hanya Melayu tapi juga yang lainnya.

Ketua Dekranasda Sumut Nawal Edy Rahmayadi menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba desain motif dan busana Melayu di Gubernuran Rabu (18/11). (Foto: Ist)

Medan, Jurnas.com -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi, mengharapkan ekonomi kreatif jadi kekuatan Sumut. Karenanya, segala kegiatan dan perkembangan ekonomi kreatif harus ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Nawal saat menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Desain Motif dan Busana Melayu di Gubernuran, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (18/11).

“Kaum milenial harus mampu melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi dan budaya, bukan hanya Melayu tapi juga yang lainnya. Kita memiliki keberagaman yang luar biasa dan itu menjadi modal yang luar biasa untuk berinovasi, terutama di bidang ekonomi kreatif," ujar Nawal.

Nawal sangat mengapresiasi antusias peserta mengikuti lomba yang diselenggarakan Dekranasda Sumut ini.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga kepada semua peserta, terutama para pemenang yang mau terus berkreasi dan mengembangkan motif dan busana Melayu. Kita tentu ingin ekonomi kreatif terus tumbuh dan menjadi kekuatan ekonomi Sumut,” kata Nawal.

Melalui lomba ini, lanjutnya, diharapkan generasi milenial meningkat keinginannya untuk melestarikan budaya yang ada di Sumut. Menurutnya, keberagaman yang ada di Sumut harusnya mampu menjadi pemicu milenial untuk berkreasi dan menciptakan beragam inovasi dalam bidang ekonomi kreatif.

"Saya ucapkan selamat kepada pemenang. Teruslah berkreasi untuk menghasilkan karya terbaik, dan bagi yang belum menang terus pacu diri kalian agar menghasilkan karya yang luar biasa,” tambah Nawal.

Dalam perlombaan ekonomi kreatif yang dilaksanakan Dekranasda ini, Irfania tampil sebagai juara 1 lomba desain motif Melayu, juara 2 diraih Andri Pratama dan ketiga Wartni Mumpuni.

Sedangkan untuk lomba desain busana Melayu, juara pertama diraih Yolanda Ridwan, kedua Cita Purbani dan ketiga Fadila Juhri Purba. Juara di setiap kategori mendapat hadiah piagam dan uang tunai. Juara pertama mendapat Rp3 juta, juara kedua Rp1,5 juta dan ketiga Rp1 juta.

KEYWORD :

Medan Nawal Edy Rahmayadi Ekonomi Kreatif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :