Sabtu, 20/04/2024 09:46 WIB

Etihad Airways Mulai Penerbangan Langsung ke Israel 2021

Karena ekonomi kedua negara terpukul parah oleh pandemi COVID-19, UEA dan Israel mengharapkan keuntungan cepat dari kesepakatan normalisasi.

Etihad Airways (Foto: Reuters)

Dubai, Jurnas.com -  Maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab (UEA), Etihad Airways mengumumkan akan memulai penerbangan langsung ke Israel pada Maret 2021 setelah negara-negara tersebut baru-baru ini menyetujui untuk menormalisasi hubungan.

"Maskapai yang berbasis di Abu Dhabi akan meluncurkan penerbangan harian terjadwal sepanjang tahun ke Tel Aviv," katanya dalam sebuah pernyataan pada Senin (16/11).

Ia menambahkan layanan akan dimulai pada 28 Maret atau enam bulan setelah UEA menandatangani kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat (AS) untuk meresmikan hubungan dengan Israel, kesepakatan pertama antara negara Teluk dan negara Yahudi itu.

"Dimulainya penerbangan berjadwal adalah momen bersejarah dan sebagai maskapai penerbangan, memperkuat komitmen Etihad untuk mengembangkan peluang perdagangan dan pariwisata," kata kepala operasi Etihad Aviation Group, Mohammad al-Bulooki.

Flydubai maskapai penerbangan murah Dubai telah mengumumkan bahwa mereka akan memulai penerbangan langsung ke Tel Aviv bulan ini, mengoperasikan 14 penerbangan seminggu.

Tidak seperti Dubai dan emirat lain yang membentuk UEA, Abu Dhabi telah memberlakukan pembatasan virus corona baru (COVID-19) yang ketat untuk memasuki kota.

Karena ekonomi kedua negara terpukul parah oleh pandemi COVID-19, UEA dan Israel mengharapkan keuntungan cepat dari kesepakatan normalisasi.

Mereka telah menandatangani perjanjian tentang penerbangan langsung dan perjalanan bebas visa, bersama dengan kesepakatan tentang perlindungan investasi, sains dan teknologi.

UEA murupakan negara Arab ketiga yang menormalisasi hubungan dengan Israel setelah Mesir pada 1979 dan Yordania pada 1994. Namun, langkahnya segera diikuti oleh Bahrain dan bulan lalu Sudan juga mengumumkan akan menormalisasi hubungan.

Perjanjian, yang telah dikecam habis-habisan oleh Palestina, melanggar kebijakan Liga Arab selama bertahun-tahun tentang konflik Israel-Palestina. Konsensusnya adalah bahwa tidak boleh ada hubungan dengan Israel sampai Israel berdamai dengan Palestina. (AFP)

KEYWORD :

Etihad Airways Israel Normalisasi Hubungan Maskapai UEA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :