Sabtu, 20/04/2024 13:14 WIB

Valverde Absen, Odegaard Bisa Jadi Opsi Terbaik Zidane

Martin Odegaard adalah satu-satunya pemain yang akan memberi Zidane fleksibilitas untuk bermain dengan lini tengah yang solid, tanpa mengorbankan kreativitas dan permainan.

Martin Odegaard (Foto: The Sun)

Madrid, Jurnas.com - Fede Valverde menjadi salah satu pemain paling penting bagi Real Madrid sejak awal musim. Gelandang Uruguay itu dengan posturnya memungkinkan Madrid untuk menekan lebih ke dalam, dan merebut bola dengan lebih efektif.

Namun Valverde mengalami patah tulang kering kecil saat Los Blancos kalah 4-1 dari Valencia dan akan absen sekitar sebulan. Karenanya, pelatih Zinedine Zidane dituntut mencari cara agar timnya bisa bertahan selagi Valverde absen.

Jika kondisi ini terjadi tiga atau empat tahun lalu, solusinya sederhana. Zidane jelas akan memasang Casemiro, Luka Modric, dan Toni Kroos yang diplot sebagai lini tengah terbaik di dunia.

Namun selama dua musim terakhir, dikutip dari Managing Madrid pada Selasa (10/11), ada bukti bahwa ketiganya sudah kehilangan predikat tersebut.

Martin Odegaard adalah satu-satunya pemain yang akan memberi Zidane fleksibilitas untuk bermain dengan lini tengah yang solid, tanpa mengorbankan kreativitas dan permainan.

Dengan pemain Norwegia tersebut, Zidane memiliki opsi untuk bermain dengan sistem dan formasi yang berbeda selama pertandingan.

Sejauh ini, Odegaard lebih banyak digunakan sebagai gelandang serang, yang notabene posisinya paling alami. Namun, tidak mudah baginya dan Modric untuk bermain berdampingan, karena Odegaard cenderung turun untuk mencari bola dan mereka cenderung menempati ruang yang sama ketika Madrid menguasai bola.

Menjaga formasi 4-3-3 dan membiarkan Odegaard bermain sebagai pemain sayap kanan akan menjadi salah satu jawaban. Kecenderungan Odegaard untuk membantu lini tengah akan sangat membantu jika Madrid tidak bisa membawa bola ke penyerang, dan dia juga akan memiliki ruang untuk memberikan umpan kunci kepada rekan satu timnya melalui sayap kanan itu, serupa dengan apa yang dilakukan Mesut Ozil untuk Los. Blancos saat ditempatkan di posisi itu.

Selain itu, para pemain sayap kanan Madrid mengalami kesulitan musim ini. Asensio tidak konsisten dan tampaknya kurang percaya diri. Begitu juga Rodrygo. Odegaard adalah satu-satunya pemain yang dapat memberikan apa yang dibutuhkan Real Madrid dari sayap kanan dan itu pantas untuk dicoba.

Sementara bersama Real Sociedad musim lalu, Odegaard tampil brilian sebagai gelandang tengah, posisi yang sama dengan yang dimainkan Modric atau Valverde akhir-akhir ini.

KEYWORD :

Zinedine Zidane Real Madrid Martin Odegaard Fede Valverde




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :