Kamis, 25/04/2024 21:44 WIB

9.436 Alumni Lolos CPNS 2019, Ini Kata Rektor UT

Hal ini, menurut Ojat, memberikan tiga makna bagi Universitas Terbuka. Pertama, mencerminkan kurikulum yang dikembangkan UT sudah semakin baik.

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat menyebut sebanyak 9.436 alumni UT lolos tes calon pegawai negeri sipil (CPNS), menurut data terbaru yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Hal ini, menurut Ojat, memberikan tiga makna bagi Universitas Terbuka. Pertama, mencerminkan kurikulum yang dikembangkan UT sudah semakin baik.

"Bahan ajar yang dikembangkan, layanan bantuan belajar yang diselenggarakan, serta evaluasi hasil belajar yang dirancang telah memungkinkan setiap lulusan UT memperoleh pengalaman kuliah yang optimal sesuai dengan profil kualitas lulusan yang diharapkan," kata Ojat dalam keterangannya pada Kamis (5/11).

Ojat melanjutkan, bahan ajar, kualitas proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar di UT dikawal secara jelas dan tegas, serta dikendalikan melalui sistem penjaminan kualitas internal yang sangat ketat, sehingga mutu lulusan UT terjamin.

"Keberhasilan setiap mahasiswa UT sangat tergantung pada upaya dan kerja keras mereka sendiri dengan dukungan penuh UT," lanjut Ojat.

Makna kedua bagi UT ialah, banyaknya lulusan yang diterima sebagai CPNS juga mencerminkan mutu pendidikan di UT yang terstandar, dan dapat diimplementasikan dengan baik di seluruh Tanah Air.

"Dalam bahasa yang sederhana, nilai akhir mata kuliah yang diperoleh oleh mahasiswa di Pulau Jawa, akan sama kualitas dan maknanya dengan nilai akhir mata kuliah yang diperoleh oleh mahasiswa UT yang tersebar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, serta kepulauan terpencil lainnya," ujar dia.

"Dalam konteks inilah, UT hadir sebagai instrumen strategis pemerintah untuk pemerataan akses pendidikan tinggi yang berkualitas di seluruh tanah air," sambung Ojat.

Sementara makna ketiga bagi UT ialah banyaknya lulusan UT yang lolos CPNS 2019 menjadi cerminan kapasitas UT yang mampu menerima jumlah mahasiswa yang besar, tanpa mengorbankan kualitas.

Dengan bantuan teknologi dan model penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ), memungkinkan UT membantu pemerintah dan masyarakat menyediakan lulusan yang siap bersaing di level nasional maupun global.

"Namun keberhasilan ini semua bukan semata-mata karena hasil kerja UT sendiri tetapi karena adanya sinergi dan dukungan semua pihak terutama mitra kerja UT baik di pusat maupun di daerah. Operasional UT di seluruh pelosok tanah air dan bahkan di luar negeri didukung penuh oleh mitra UT yang telah terjalin selama 36 tahun sejarah perjalanan UT," tutup Ojat.

KEYWORD :

Universitas Terbuka Ojat Darojat Tes CPNS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :