Jum'at, 19/04/2024 13:22 WIB

Internasional

Gutteres Jadi Sekjen PBB, Ini Karir Politiknya

Mantan Perdana Menteri Portugis bernama lengkap Antonio Manuel de Oliveira Guterres ini, terpilih setelah mengalahkan 12 kandidat lainnya.

Amerika - Dewan Keamanan PBB sepakat mengusung Antonio Gutteres sebagai Sekretaris Jenderal PBB menggantikan Ban Ki-Moon yang akan selesai pada akhir 2016.

Mantan Perdana Menteri Portugis bernama lengkap Antonio Manuel de Oliveira Guterres ini, terpilih setelah mengalahkan 12 kandidat lainnya, di antaranya adalah mantan Presiden Majelis Umum PBB Vuk Jeremic dan mantan Presiden Slovenia Danillo Turk.

Sosok Gutteres memulai karir politiknya pada tahun 1974 melalui partai sosialis. Karirnya moncer dengan menjadi salah satu petinggi partai. Tahun 1992, didaku menjadi sekjen partai sosialis dan sekaligus menjadi pemimpin oposisi saat Presiden Portugal dipimpin Anibal Cavaco Silva.

Kemudian pada 1995, Partainya memenangkan pemilu dan menjadikannya sebagai Perdana Menteri Portugal. Dengan gayanya yang ramah dengan mengutamakan diskusi kepada masyarakat, dia semakin populer.  Pada bidang kemanusiaan, dia cukup disegani. Gutteres pada tahun 2002 terlibat upaya perdamaian menyelesaikan krisis di Timor Timur.

Pidatonya dalam  sidang Majelis Umum PBB April lalu mengatakan ingin menjabat Sekjen PBB karena posisi itu  "terbaik untuk mengatasi akar penyebab penderitaan manusia". menurutnya, Sekjen PBB haruslah berperilaku rendah hati tanpa kesombongan dan tanpa mendikte. Pemimpin PBB haruslah sebagai sosok penyambung perdamaian.

KEYWORD :

Antonio Gutteres. Sekjen PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :