Rabu, 24/04/2024 11:36 WIB

Mampu Ciptakan Kemandirian, Gus Menteri Bangga dengan Thomas Sutana

Gus Menteri mengaku bangga dengan adanya pendamping desa yang membangun kemandirian di lingkungan yang didampinginya

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar bangga dengan Pendamping Desa Thomas Sutana (Humas Kemendes)

Klaten, Jurnas.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar didampingi istri Umi Lilik Nasriyah bertemu dengan Thomas Sutana, Pendamping Lokal Desa (PLD) yang sukses merintis dua kelompok pemberdayaan masyarakat di Klaten, yaitu Agro Makmur dan Agro Bulan Lestari.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, menyempatkan diri bertemu dengan Thomas Sutana disela-sela kunjungan kerjanya di Yogyakarta, pada Rabu (28/10/2020).

“Jadi saya ke sini itu tujuan utamanya cuma mampir untuk silaturahmi dengan Pak Thomas bukan karena ada agenda apa-apa,” ungkapnya.

“Biar menambah umur, sejahtera dan menambahi sumbangan 10 juta lagi biar rada cukup untuk mengisi lahan yang belum sempurna itu,” sambung Gus Menteri dengan menunjuk sebagian lahan yang belum ditanami apa-apa itu,” sambung Gus Menteri.

Penerima gelar doktor honoris causa Universitas Negeri Yogyakarta itu mengaku bangga dengan adanya pendamping desa yang membangun kemandirian di lingkungan yang didampinginya.

“Saya bangga dan bahagia ketika ada kader, warga masyarakat apalagi pendamping desa, pendamping lokal desa yang bisa bersama-sama warga masyarakat untuk membangun kemandirian di lingkungannya masing-masing,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Gus Menteri juga meminta kepada pendamping desa untuk terus melakukan gerakan-gerakan pendampingan, utamanya yang bersifat pemberdayaan masyarakat desa.

“Tugas kita semua sebagai warga masyarakat adalah berupaya agar apa yang menjadi beban-beban warga masyarakat di sekitar kita terus untuk kita pikirkan, terus kita carikan solusi-solusi, supaya ada pemberdayaan dan akhirnya adalah kemandirian,” jelasnya.

Sebagai informasi, tugas Thomas Sutana sebagai PLD mencakup empat desa, yaitu Krecek, Sribit, Mendak, dan Banaran. Sebagai PLD, Thomas berhasil merintis dua kelompok pemberdayaan masyarakat, Agro Makmur dan Agro Bulan Lestari di Klaten.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Pendamping Desa Thomas Sutana Klaten




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :