Sabtu, 20/04/2024 03:49 WIB

Kebakaran Kejagung, 8 Orang Jadi Tersangka

Mabes Polri menetapkan 8 orang tersangka dalam peristiwa kebakaran Gedung Kejagung. Siapa saja? 

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono. (Foto : Jurnas/Unt).

Jakarta, Jurnas.com- Bareskrim Polri telah menetapkan delapan tersangka peristiwa kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) yang terjadi pada bulan Agustus lalu. Mereka diduga lalai sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menjelaskan delapan tersangka tersebut diancam dengan Pasal 188 juncto Pasal 55 KUHPidana. Para tersangka yang terdiri dari tukang bangunan dan lainnya ini diduga lalai sehingga menyebabkan kebakaran di Gedung Utama Kejagung.

“Karena kelapaan, Pasal 188 juncto Pasal 55 dengan ancaman 5 tahun penjara,” ungkap Argo, di Mabes Polri Jakarta, Jumat (23/10/2020).

“Barang siapa karena kesalahan (kealpaan) menyebabkan kebakaran, ledakan atau banjir, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah, jika karena perbuatan itu timbul bahaya umum bagi barang, jika karena perbuatan itu timbul bahaya bagi nyawa orang lain, atau jika karena perbuatan itu mengakibatkan orang mati.” bunyi pasal tersebut.

Argo melanjutkan, sejumlah ahli terkait kebakaran juga dihadirkan. Antara lain, ahli kebakaran UI dan ITB, ahli PUPR, ahli Kesehatan dimintai keterangan.

“Tentunya ahli menyatakan, lantai enam titik api sampai ke mana arahnya. Kita lakukan ilmiah untuk buktikan,” jelas Argo Yuwono.  menambahkan.

“Setelah barbuk, saksi, petunjuk lakukan gelar perkara dan ekspose bersama kejaksaan. Kita cari pelakunya,” urau Argo Yuwono.

KEYWORD :

Kebakaran Kejagung 8 Tersangka Argo Yuwono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :