Jum'at, 19/04/2024 03:59 WIB

Parlemen AS Desak Boikot KTT G20 Saudi

Anggota Kongres Amerika Serikat meminta pemerintah untuk memboikot KTT G20 yang diadakan di ibu kota Arab Saudi, Riyadh bulan depan

Trump dan Xi menghadiri jamuan kerja setelah KTT G20 di Buenos Aires (Foto: Kevin Lamarque/Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Kongres Amerika Serikat meminta pemerintah untuk memboikot KTT G20 yang diadakan di ibu kota Arab Saudi, Riyadh bulan depan, di tengah kekhawatiran atas catatan hak asasi manusia Kerajaan.

Dalam sepucuk surat yang dikirimkan kepada Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, 45 anggota Kongres mengatakan bahwa, sebagai negara demokrasi dan pemasok hak asasi manusia terkemuka di dunia, pemerintah AS harus menuntut perubahan dramatis pada catatan pelanggaran hak asasi manusia yang suram di Arab Saudi.

Mereka mendesak pemerintahan Trump untuk memboikot KTT kecuali Arab Saudi menangani pelanggaran hak asasi manusia dan menerapkan reformasi.

"Jika pemerintah Saudi gagal mengambil langkah segera untuk mengatasi rekor ini, kita harus mundur dari KTT G20 yang dipimpin Saudi dan berkomitmen untuk menjadikan reformasi hak asasi manusia sebagai syarat untuk semua kesepakatan di masa depan dengan pemerintah Arab Saudi," bunyi pernyataan parlemen AS, dilansir Middleeast, Jumat (23/10).

Kerajaan telah berada di bawah pengawasan ketat selama beberapa tahun terakhir karena sejumlah pelanggaran hak asasi manusia yang diduga dilakukan oleh pemerintah Saudi, termasuk perangnya di Yaman sejak 2015, pembunuhan jurnalis Saudi yang diasingkan Jamal Khashoggi pada tahun 2018, percobaan pembunuhan terhadap mantan kepala keamanan Saudi dan pembangkang lainnya, serta pemenjaraan dan dugaan penyiksaan terhadap para pengkritik penguasa de facto Putra Mahkota Mohammad Bin Salman dan kebijakannya.

Seruan untuk boikot KTT - yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh negara Arab - muncul setelah anggota parlemen Eropa juga mengeluarkan resolusi awal bulan ini yang menyerukan penurunan tingkat kehadiran UE di KTT tersebut karena masalah hak asasi manusia yang sama. Sejumlah lembaga swadaya masyarakat terkemuka pun memutuskan memboikot acara tersebut.

Di antara anggota parlemen AS terkemuka yang menandatangani surat kepada Pompeo adalah Jan Schakowsky dan Ilhan Omar, dua wanita Kongres di Partai Demokrat yang berusaha untuk menggulingkan pemerintahan Trump. Presiden AS Donald Trump telah mendukung pemerintah Saudi selama masa jabatannya.

KEYWORD :

Parlemen AS KTT G20




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :