Selasa, 23/04/2024 23:05 WIB

Kabar Duka! Relawan Uji Vaksin COVID-19 AstraZeneca Meninggal di Brasil

Laporan media mengatakan, relawan itu adalah seorang dokter berusia 28 tahun yang bekerja di garis depan pandemi yang meninggal karena komplikasi akibat COVID-19.

Vaksinasi flu selama kehamilan aman bagi ibu dan anak-anak, sebuah studi baru ditemukan. Foto milik HealthDay News

Rio De Jeneiro, Jurnas.com - relawan yang berpartisipasi dalam uji klinis vaksin virus corona baru (COVID-19) yang dikembangkan Universitas Oxford dan AstraZeneca meninggal di Brasil. Ini merupkan kematian pertama yang dilaporkan dalam berbagai uji coba vaksin yang berlangsung di seluruh dunia.

Dilansir dari CNA, penyelenggara studi mengatakan tinjauan independen telah menyimpulkan tidak ada masalah keamanan dan pengujian vaksin akan terus berlanjut.

Laporan media mengatakan, relawan itu adalah seorang dokter berusia 28 tahun yang bekerja di garis depan pandemi yang meninggal karena komplikasi akibat COVID-19.

Universitas Federal Sao Paulo, yang membantu mengoordinasikan uji klinis tahap tiga di Brasil, mengatakan komite peninjau independen juga merekomendasikan uji coba dilanjutkan. Universitas sebelumnya mengkonfirmasi bahwa relawan itu adalah orang Brasil tetapi tidak memberikan rincian pribadi lebih lanjut.

"Semuanya berjalan seperti yang diharapkan, tanpa catatan komplikasi serius terkait vaksin yang melibatkan sukarelawan yang berpartisipasi," kata Universitas Federal Sao Paulo, dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Universitas Federal Sao Paulo mengatakan, sejauh ini, 8.000 dari 10.000 relawan yang direncanakan dalam uji coba telah direkrut dan diberikan dosis pertama di enam kota di Brasil, dan banyak yang telah menerima suntikan kedua.

"Setelah penilaian yang cermat atas kasus ini di Brasil, tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis, dan tinjauan independen selain regulator Brasil telah merekomendasikan agar uji coba tersebut dilanjutkan," kata Oxford dalam sebuah pernyataan.

AstraZeneca mengatakan kerahasiaan medis berarti tidak dapat memberikan rincian tentang sukarelawan individu mana pun, tetapi tinjauan independen itu tidak menimbulkan kekhawatiran tentang kelanjutan studi yang sedang berlangsung.

Regulator kesehatan nasional Brasil, Anvisa, mengonfirmasi telah diberitahu tentang kasus tersebut pada 19 Oktober.

Institut Penelitian dan Pengajaran D`Or (IDOR), yang membantu mengatur tes di Brasil, mengatakan tinjauan independen itu tidak menimbulkan keraguan tentang keamanan studi, dan merekomendasikannya untuk dilanjutkan.

Oxford dan AstraZeneca sebelumnya harus menangguhkan pengujian vaksin pada bulan September ketika seorang sukarelawan di Inggris mengembangkan penyakit yang tidak dapat dijelaskan.

Uji coba dilanjutkan setelah regulator Inggris dan tinjauan independen menyimpulkan penyakit itu bukan efek samping dari vaksin.

Separuh sukarelawan dalam uji klinis tahap akhir - penelitian tersamar ganda, acak, terkontrol - menerima plasebo, kata IDOR.

Sejauh ini, sekitar 8.000 sukarelawan telah divaksinasi di Brasil, dan lebih dari 20.000 di seluruh dunia, katanya. Peserta studi haruslah dokter, perawat, atau pekerja sektor kesehatan lainnya yang rutin berhubungan dengan virus.

Relawan yang meninggal adalah seorang dokter muda yang telah merawat pasien COVID-19 sejak Maret di ruang gawat darurat dan unit perawatan intensif di dua rumah sakit di Rio de Janeiro, kata Globo.

Dia lulus dari sekolah kedokteran tahun lalu, dan dalam keadaan sehat sebelum tertular penyakit itu, kata keluarga dan teman-temannya kepada surat kabar tersebut.

Pemerintah federal Brasil memiliki rencana membeli vaksin Inggris dan memproduksinya di pusat penelitian biomedis FioCruz di Rio de Janeiro, sementara vaksin pesaing dari Sinovac Biotech China sedang diuji oleh pusat penelitian Institut Butantan negara bagian Sao Paulo.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro mengatakan pada Rabu bahwa pemerintah federal tidak akan membeli vaksin Sinovac.

Brasil memiliki wabah virus korona paling mematikan kedua, setelah Amerika Serikat, dengan lebih dari 154.000 orang tewas. Ini memiliki jumlah kasus terbesar ketiga, dengan lebih dari 5,2 juta terinfeksi, setelah Amerika Serikat dan India.

KEYWORD :

Relawan Uji Vaksin COVID-19 AstraZeneca Brasil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :