Selasa, 16/04/2024 13:22 WIB

AS Kirim Ribuan Pasukan ke Bulgaria

Amerika Serikat akan mengerahkan hingga 2.500 personel militer di Bulgaria sebagai bagian dari Peta Jalan Kerja Sama Pertahanan 10 tahun 

tampilan seragam baru militer AS (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Amerika Serikat akan mengerahkan hingga 2.500 personel militer di Bulgaria sebagai bagian dari Peta Jalan Kerja Sama Pertahanan 10 tahun yang ditandatangani antara kedua negara pekan lalu.

Dilansir Yenisafak, Rabu (14/10), kesepakatan tersebut dicapai pada 7 Oktober lalu dalam pertemuan antara Menteri Pertahanan Bulgaria Krasimir Karakachanov dan Menteri Pertahanan AS Mark Esper di ibu kota AS.

Kedua negara NATO bertujuan untuk memperdalam kerja sama di kawasan Laut Hitam, serta mendukung implementasi target kemampuan NATO, menurut Karakachanov.

Peta jalan tersebut menetapkan kerangka kerja untuk pengembangan kesiapan dan kemampuan militer Bulgaria selama dekade berikutnya melalui kerja sama pertahanan yang berkelanjutan.

Kepala Pertahanan Laksamana Emil Eftimov mengatakan, tentara AS akan ditempatkan di empat pangkalan militer yang digunakan oleh AS di Bulgaria.

Perjanjian kerja sama pertahanan pertama antara AS dan Bulgaria mulai berlaku pada tahun 2006.

Negara Balkan juga telah membeli delapan pesawat F-16 Block 70 dari AS, yang akan dikirim pada 2024.

 

KEYWORD :

Militer AS Wilayah Bulgaria




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :