Jum'at, 19/04/2024 14:37 WIB

Presiden Palestina Bertemu Ketua Kongres Yahudi Dunia

Kongres Yahudi Dunia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Lauder bertemu dengan pemimpin Palestina pada kunjungan pribadi atas undangan Abbas, untuk membahas berbagai masalah tentang Palestina dan Timur Tengah.

Presiden Kongres Yahudi Dunia, Ronald Lauder. (Foto: Reuters)

Tepi Barat, Jurnas.com - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas bertemu dengan Presiden Kongres Yahudi Dunia, Ronald Lauder di Tepi Barat pada Sabtu (10/10). Pertemuan itu, menyusul seruan Lauder bagi warga Palestina untuk menghidupkan kembali pembicaraan damai dengan Israel.

Menteri Urusan Sipil Palestina, Hussein al-Sheikh menyampaikan pertemuan itu dalam sebuah unggahan di Twitter, tanpa memberikan rincian yang lebih detail.

Seorang pengusaha Amerika Serikat (AS) yang juga bertemu Abbas setahun yang lalu di New York, menghadiri upacara penandatanganan perjanjian Gedung Putih 15 September antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain untuk menjalin hubungan formal.

Kepada surat kabar Saudi Arab News pada 16 September, Lauder berharap kesepakatan itu akan membawa Palestina dan Israel kembali ke pembicaraan damai, yang gagal pada tahun 2014.

Dilansir dari Reuters, Kongres Yahudi Dunia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Lauder bertemu dengan pemimpin Palestina pada kunjungan pribadi atas undangan Abbas, untuk membahas berbagai masalah tentang Palestina dan Timur Tengah.

Di Washington, seseorang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa kunjungan Lauder tidak dikoordinasikan dengan atau atas nama pemerintahan Trump tetapi dalam kapasitas yang sangat pribadi.

Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Palestina memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintahan Trump, yang telah lama mereka tuduh sebagai bias pro-Israel, dan menolak langkah diplomatik negara-negara Teluk dengan Israel.

Pejabat Palestina mengatakan kepada Reuters dengan syarat anonim bahwa Lauder tidak membawa pesan dari Gedung Putih. Sumber kedua Palestina mengatakan Abbas membahas seruannya di PBB bulan lalu untuk konferensi perdamaian yang dipimpin PBB awal tahun depan.

KEYWORD :

Palestina Mahmoud Abbas Kongres Yahudi Dunia Ronald Lauder Tepi Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :