Jum'at, 19/04/2024 08:20 WIB

WHO: Vaksin COVID-19 Kemungkinan Siap Akhir Tahun

Sembilan vaksin eksperimental sedang disiapkan untuk fasilitas vaksin global COVAX WHO yang bertujuan untuk mendistribusikan 2 miliar dosis pada akhir tahun 2021.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (Dirjen WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

Jenewa, Jurnas.com  - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, vaksin untuk melawan virus corona baru (COVID-19) mungkin sudah siap pada akhir tahun.

Dilansir dari Channelnewsasia, Tedros menyerukan solidaritas dan komitmen politik dari semua pemimpin untuk memastikan pemerataan vaksin ketika tersedia.

"Kami membutuhkan vaksin dan ada harapan akhir tahun ini kami dapat memiliki vaksin. Masih ada harapan," kata Tedros pada Selasa (6/10) dalam sambutan terakhirnya kepada Badan Eksekutif WHO, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Sembilan vaksin eksperimental sedang disiapkan untuk fasilitas vaksin global COVAX WHO yang bertujuan untuk mendistribusikan 2 miliar dosis pada akhir tahun 2021.

Pertemuan dewan dua hari, yang membahas tanggapan global terhadap pandemi, mendengar seruan dari negara-negara termasuk Jerman, Inggris dan Australia untuk reformasi guna memperkuat badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengecam keras peran WHO dalam krisis, menuduhnya terlalu dekat dengan China dan tidak melakukan cukup banyak untuk mempertanyakan tindakan Beijing akhir tahun lalu ketika virus pertama kali muncul di Wuhan.

Tedros menolak kritikan tersebut dan mengatakan agensinya telah memberi informasi kepada dunia.

Tiga panel independen yang meninjau kinerja WHO termasuk Peraturan Kesehatan Internasional 2005, yang menetapkan pedoman tentang pembatasan perdagangan dan perjalanan yang diberlakukan selama keadaan darurat kesehatan memberikan pembaruan tentang pekerjaan mereka.

Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi, yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark dan mantan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, bertemu untuk pertama kalinya bulan lalu.

"Kami berharap mendapat pelajaran nyata yang bisa kami terapkan dan mencegah hal yang sama terjadi," kata Tedros. "Tetapi saya ingin meyakinkan Anda bahwa WHO siap untuk belajar dari ini dan mengubah organisasi ini."

"Saat transformasi kami janjikan, kami berjanji akan terus berubah secara konstan," ujarnya mengacu pada programnya sejak menjabat pada 2017.

KEYWORD :

Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus Vaksin COVID-19 Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :