Sabtu, 20/04/2024 16:16 WIB

WHO: 1 dari 10 Orang Mungkin Terinfeksi Virus Corona

Sekitar satu dari 10 orang mungkin telah terinfeksi virus corona (COVID-19), membuat sebagian besar populasi dunia rentan terhadap penyakit COVID-19.

Kepada Dewan Eksekutif WHO, Mike Ryan. (Foto: WHO)

Jenewa, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, sekitar satu dari 10 orang mungkin telah terinfeksi virus corona (COVID-19), membuat sebagian besar populasi dunia rentan terhadap penyakit COVID-19.

Kepada Dewan Eksekutif WHO, Mike Ryan berbicara kepada Dewan Eksekutif badan tersebut, wabah melonjak di beberapa bagian Asia Tenggara dan kasus serta kematian meningkat di beberapa bagian Eropa dan wilayah Mediterania timur.

"Perkiraan terbaik kami saat ini memberi tahu kami sekitar 10% populasi global mungkin sudah terinfeksi oleh virus ini. Ini bervariasi tergantung pada negara, bervariasi dari perkotaan ke pedesaan, bervariasi tergantung pada kelompok. Tetapi yang dimaksud adalah, sebagian besar dunia tetap berisiko," kata Ryan.

"Saat ini kita sedang menuju masa sulit. Penyakit terus menyebar," sambungnya.

WHO dan para ahli lainnya mengatakan bahwa virus, yang diyakini telah muncul di pasar makanan di kota Wuhan di China tengah akhir tahun lalu, berasal dari hewan.

WHO telah menyerahkan daftar ahli untuk ambil bagian dalam misi internasional ke China untuk menyelidiki asal-usulnya, untuk dipertimbangkan oleh otoritas China, kata Ryan, tanpa memberikan rincian.

Menurut asisten sekretaris kesehatan Amerika Serikat (AS), Brett Giroir, sangatlah penting bagi 194 negara anggota WHO untuk menerima pembaruan rutin dan tepat waktu, termasuk kerangka acuan untuk panel ini atau untuk misi lapangan apapun, sehingga semua dapat terlibat dalam proses dan lebih yakin mencapai hasil.

Jerman, berbicara mewakili Uni Eropa (UEA), mengatakan sebuah misi yang diisi oleh para ahli harus segera diluncurkan, sementara Australia mendukung penyelidikan yang dilakukan dengan cepat.

Sementara itu, Alexandra Dronova, wakil menteri kesehatan Rusia, menyerukan evaluasi dampak hukum dan keuangan dari Pemerintahan Presiden Trump yang mengumumkan penarikan Amerika Serikat dari WHO Juli mendatang.

Amerika Serikat tidak akan membayar sekitar US$80 juta atau sekitar Rp1,2 triliun yang menjadi utangnya kepada WHO dan akan mengalihkan uang tersebut untuk membantu membayar tagihan PBB di New York, menurut seorang pejabat AS pada 2 September lalu. (Reuters)

KEYWORD :

Virus Corona Organisasi Kesehatan Dunia Mike Ryan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :