Selasa, 23/04/2024 17:38 WIB

Sektor Manufaktur Melemah, Menristek Dorong Insinyur Lebih Inovatif

Di Indonesia, sektor manufaktur mengalami kemerosotan sejak mewabahnya virus corona pada bulan Maret lalu.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro (Foto: KSKP)

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan Indonesia harus lebih kompetitif di sektor manufaktur.

Oleh karena itu, Menteri Bambang mendorong para insinyur perkuat sektor manufaktur melalui inovasi teknologi.

"Indeks daya saing inovasi Indonesia masih berada pada peringkat 85 dari 131 negara, posisi yang masih perlu kita tingkatkan dan menjadi tugas bersama berbagai pihak. Oleh karena itu kita harus dorong para insinyur terus berinovasi melalui riset dan pengembangan, terutama di sektor manufaktur," jelas menteri Bambang dalam kegiatan webinar `ITB-STEI ITB-IEEE Digital Initiative 2020 IEEETalk: Mengoptimasi Digitalisasi Industri Manufaktur di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Industrial IoT` pada akhir pekan lalu.

Di Indonesia, sektor manufaktur mengalami kemerosotan sejak mewabahnya virus corona pada bulan Maret lalu. Kondisi ini disebabkan penurunan daya beli konsumen dan diperparah oleh beban input dari impor.

Menteri Bambang menyampaikan sektor manufaktur Indonesia perlu ditingkatkan secara signifikan dari sisi daya saing, dilihat dari kontribusi sektor manufaktur terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang kian menipis.

"Meski manufaktur masih mendominasi PDB, tapi porsinya semakin lama, semakin menurun. Urgensi Indonesia untuk memperkuat sektor manufaktur itu sudah terjadi sejak tahun 90-an yang sifatnya labor intensif. Namun setelah krisis finansial Asia, tampaknya manufaktur kita mengalami penurunan kontribusi kepada PDB," jelas Bambang.

Kunci dari keberhasilan transformasi digital industri manufaktur di Indonesia, lanjut Menristek, adalah sumber daya manusia.

Itulah alasan beberapa tahun yang lalu Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Honeywell bekerjasama untuk membangun laboratorium belajar di masing-masing perguruan tinggi dan menghubungkan ketiganya via teknologi awan agar memungkinkan kolaborasi akademis terkait Industrial Internet of Things (IIoT).

KEYWORD :

Menristek Bambang Brodjonegoro Sektor Manufaktur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :