Sabtu, 20/04/2024 14:07 WIB

DPR RI kembali Raih WTP ke-12 Kali

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Sekretariat Jenderal DPR RI tahun 2019.

Sekjen DPR RI Indra Iskandar saat menghadiri acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah dengan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati secara virtual

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Sekretariat Jenderal DPR RI tahun 2019.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengungkapkan penghormatan dan kebanggaan karena ini adalah kali ke-12 DPR RI mendapatkan opini WTP. Ia juga menegaskan bahwa ini merupakan suatu apresiasi yang perlu untuk dipertahankan di tahun-tahun berikutnya.

“Dalam rakernas akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah, disebutkan bahwa DPR mendapatkan apresiasi atas penghargaan predikat WTP dari BPK yang sudah 10 kali berturut-turut. Sebenarnya tahun ini DPR sudah mendapatkan opini WTP sudah 12 kali,” ujar Indra usai menghadiri acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah dengan Menteri Keuangan RI SSri Mulyani Indrawati secara virtual, Selasa (22/9).

Indra menuturkan, berkenaan dengan predikat WTP ini, pengelolaan keuangan di lingkungan DPR RI sudah memenuhi standar akuntabilitas yang ditetapkan Pemerintah. Sehingga ia berpesan pada seluruh jajarannya untuk mempertahankan predikat ini.

“Itu artinya pengelolaan keuangan dan penataan BMN (Barang Milik Negara), kita sudah memenuhi standar akuntabilitas yang ditetapkan Pemerintah, ini berkat kerja keras teman-teman di semua lini DPR dalam pengelolaan keuangan dan BMN. Saya kira ini apresiasi yang luar bisa, tahun ini kita sudah 12 kali WTP,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani memberikan selamat dan apresiasi kepada seluruh Kementerian dan Lembaga (K/L) yang mendapatkan opini WTP.

Selain itu Sri Mulyani juga berpesan agar seluruh K/L mampu meningkatkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam rangka menjaga kualitas laporan keuangan. Untuk mereka yang telah mendapatkan WTP, ia berpesan untuk dapat dipertahankan lagi di tahun-tahun mendatang.

KEYWORD :

Pimpinan DPR Sekjen DPR Penghargaan WTP Kementerian Keuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :