Sabtu, 20/04/2024 04:30 WIB

AS Tuding Hizbullah Simpan Bahan Peledak di Seluruh Eropa

Hizbullah telah menyelundupkan bahan peledak, termasuk amonium nitrat, ke Eropa di mana ia memiliki jaringan toko.

Pasukan Hizbullah, 15 April 2016 [Agensi Anadolu]

Jakarta, Jurnas.com - Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS, Nathan Sales mengungkapkan bahwa Hizbullah telah menyelundupkan bahan peledak, termasuk amonium nitrat, ke Eropa di mana ia memiliki jaringan toko.

Gudang, yang didirikan oleh kelompok yang didukung Iran di seluruh Eropa sejak 2012, termasuk amonium nitrat - bahan kimia yang sama yang menyebabkan ledakan dahsyat pada 4 Agustus di Beirut, yang menewaskan sedikitnya 190 dan melukai lebih dari 6.500.

"Hari ini pemerintah AS mengungkap informasi baru tentang kehadiran Hizbullah di Eropa," kata Nathan Sales, koordinator untuk kontra-terorisme di Departemen Luar Negeri AS dilansir The National, Jumat (18/09)

“Sejak 2012, Hizbullah telah membuat cache amonium nitrat di seluruh Eropa dengan mengirimkan kotak P3K yang mengandung zat tersebut," tambahnya.

"Hari ini, saya dapat mengungkapkan bahwa cache tersebut telah dipindahkan melalui Belgia ke Prancis, Yunani, Italia, Spanyol, dan Swiss.”

Amonium nitrat umumnya digunakan dalam industri dan pertanian sebagai pupuk dan bahan peledak tingkat rendah.

Tapi dalam jumlah besar, seperti ledakan di pelabuhan Beirut, bisa menyebabkan kehancuran.

2.750 ton amonium nitrat menyebabkan apa yang diyakini sebagai ledakan non-nuklir terkuat di dunia.

"Saya juga dapat mengungkapkan bahwa cache amonium nitrat yang signifikan telah ditemukan atau dihancurkan di Prancis, Yunani, dan Italia," kata Sales.

"Kami memiliki alasan untuk meyakini bahwa kegiatan ini masih berlangsung. Pada 2018, cache amonium nitrat masih dicurigai di seluruh Eropa, mungkin di Yunani, Italia, dan Spanyol."

Pejabat senior AS tidak mengungkapkan bagaimana informasi itu diperoleh, tetapi tampak yakin bahwa Hizbullah telah menyimpan materi ini di seluruh Eropa dan bahkan Inggris.

"Kami tahu bahwa Hizbullah telah menyimpan amonium nitrat dalam jumlah besar di seluruh Eropa. Menurut informasi yang saya ungkapkan hari ini, cache semacam itu telah ditemukan di sejumlah negara, termasuk Inggris, Yunani, Prancis, Italia, dan jumlah lainnya, "katanya.

"Amerika Serikat telah menyerukan penyelidikan penuh, terbuka, dan transparan, serta menyeluruh atas ledakan di Beirut, dan kami berharap dapat segera melihat hasilnya."

Dia mengatakan Hizbullah menyimpan zat itu untuk setiap serangan teroris di masa depan.

"Ia menyimpan senjata ini di tempatnya sehingga dapat melakukan serangan teroris besar kapan pun tuannya di Teheran menganggap perlu," kata Sales.

"Ini bukan apa yang Anda harapkan dari sebuah organisasi politik tetapi persis seperti yang Anda harapkan dari sebuah organisasi teroris."

KEYWORD :

Pejabat AS Kelompok Hizbullah Bahan Peledak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :