Jum'at, 19/04/2024 16:02 WIB

Sembilan Pesan Jokowi atasi Covid-19, Nomor Terakhir Paling Ditunggu

Terutama mengenai masker dan jaga jarak (physical distancing). 

Presiden Joko Widodo

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan 9 pesan dalam rapat mutakhir dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dari sembilan pesan itu, yang paling akhir terkait dapur. Simak poin-poinnya:

1. a. Agar selalu melihat data sebaran untuk setiap pengambilan keputusan dalam merespons penambahan kasus di provinsi, kabupaten, don kota.

b. Terapkan strategi infervensi berbasis lokal dun strategi pembatasan berskala lokal, sehinggu penanganannya lebih detail dan fokus.

2. Pemerintah harus terus bekerja keras meningkatkan angka kesembuhan dan terus mengejar rata-rota kesembuhun global/dunia.

3 Pemerintah juga hurus terus menurunkan angka kemarian.

4. Pemerintah terus menambah tempat isolasi COVID-l9 tanpa gejala ataupun yang bergejala ringan dun juga menyiapkan pusat-pusat karantina untuk pasien dengan gejala ringan, agar tidak melakukon isolasi mandiri yang berpotensi menularkan kepada keluarga.

5. Pastikan ketersediaan tempat tidur dan ICU di RS rujukan untuk kasus-kasus yang berat. Lakukan audit dan koreksi mengenai protokol keamanan, tenaga kesehatan, dan pasien di seluruh RS, sehingga RS menjadi tempat yang aman dan tidak menjadi klasler penyebaran COVID-19.

6. Segera perkecil ketimpangan kapasitas testing antar-daerah jangan sampai ada yang sudah terlalu tinggi, tapi provinsi-provinsi lain masih jauh di bawahnya.

7. Agar Fokus dalam penanganan penyebaran COVlD-19 di negara kita yang merupukan negara kepulauan, pemahaman mengenai penyebaran COVID-19 sangat panting dalam menangani pandem ini, sehingga hasilnya setiap minggu bisa kelihatan.

8.Tingkatkan penegakan disiplin dalam menjaga protokol kesehatan, terutama mengenai masker dan jaga jarak (physical distancing).

9. Kita masih punya waktu sampai akhir September dalam meningkatkan daya ungkit ekonomi, daya beli masyarakat dan konsumsi rumah tangga di kuartal III ini. Percepat seluruh program insentif yang sifatnya cash transfer untuk pemulihan ekonomi nasional.

KEYWORD :

Covid-19 Joko Widodo Bantuan Sosial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :