Jum'at, 19/04/2024 16:19 WIB

WTO Nyatakan Tarif AS terhadap Produk China Langgar Aturan

Panel merekomendasikan AS untuk membawa langkah-langkahnya sesuai dengan kewajibannya, tetapi juga mendorong kedua pihak untuk bekerja untuk menyelesaikan perselisihan secara keseluruhan.

Gedung Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)

Jenewa, Jurnas.com - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menyatakan, tarif yang dikenakan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump terhadap barang-barang dari China melanggar aturan perdagangan internasional.

 

Washington mengatakan, tarif yang diberlakukan dua tahun lalu atas lebih dari US $ 200 miliar barang-barang China dibenarkan karena China memaksa perusahaan untuk mentransfer teknologi dan kekayaan intelektual.

Pada Selasa (15/9) panel beranggotakan tiga orang WTO mengatakan bea masuk AS melanggar aturan perdagangan karena hanya berlaku untuk China dan di atas tarif maksimum yang disepakati oleh AS.

Perwakilan Dagang AS, Robert Lighthizer mengecam keputusan WTO tersebut. Menurutnya, WTO sama sekali tidak memadai untuk menghentikan praktik teknologi berbahaya China.

"Laporan panel ini menegaskan apa yang telah dikatakan pemerintahan Trump selama empat tahun: WTO sama sekali tidak memadai untuk menghentikan praktik teknologi berbahaya China," kata Lighthizer dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan China mengatakan Beijing mendukung sistem perdagangan multilateral dan menghormati aturan dan keputusan WTO, dan berharap Washington akan melakukan hal yang sama.

AS dapat mengajukan banding atas keputusan itu. Namun, hal itu akan membuat kasus menjadi batal hukum, karena Washington memblokir penunjukan hakim ke badan banding WTO, mencegahnya mengadakan jumlah minimum yang diperlukan untuk mendengar kasus.

Panel WTO menyadari sedang melangkah ke perairan panas. Ia mencatat bahwa mereka hanya melihat ke dalam tindakan AS dan bukan pembalasan China, yang tidak ditentang oleh Washington di WTO.

"Panel sangat menyadari konteks yang lebih luas di mana sistem WTO saat ini beroperasi, yang mencerminkan serangkaian ketegangan perdagangan global yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata laporan 66 halaman itu menyimpulkan.

Panel merekomendasikan AS untuk membawa langkah-langkahnya sesuai dengan kewajibannya, tetapi juga mendorong kedua pihak untuk bekerja untuk menyelesaikan perselisihan secara keseluruhan.

"Waktu tersedia bagi para pihak untuk mengambil keputusan saat proses berkembang dan lebih lanjut mempertimbangkan peluang untuk solusi yang disepakati bersama dan memuaskan," katanya.

Trump mengancam tarif barang senilai US$ 500 miliar selama dua tahun perang dagangnya dengan China, sebelum menandatangani kesepakatan perdagangan "Fase 1" dengan Beijing awal tahun ini. Bea tambahan masih diberlakukan untuk barang China senilai sekitar US$ 370 miliar.

Ia menggambarkan WTO sebagai mengerikan dan bias terhadap China, mengancam untuk mundur. Josh Hawley, seorang senator Republik dari Missouri, berkicau, "AS harus menarik diri dan memimpin upaya untuk menghapusnya."

Trump, yang mengkritik institusi multilateral, telah keluar dari organisasi budaya PBB, UNESCO dan berencana untuk meninggalkan Organisasi Kesehatan Dunia. (Reuters)

KEYWORD :

Tarif Dagang WTO Perang Dagang Amerika Serikat China Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :