Selasa, 23/04/2024 21:47 WIB

Bupati Manokwari Bersama Model BPP Kostratani Cari Solusi Masalah Irigasi

Merespons aspirasi petani terutama perbaikan irigasi lahan sawah, Edi mengatakan akan menyampaikan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten dan Dinas terkait lainnya.

Bupati Manokwari, Edi Budoyo kunjungan kerja pada Sabtu 12 September 2020

Manokwari, Jurnas.com - Bupati Manokwari, Edi Budoyo mendukung penuh transformasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) menjadi Model BPP Komando Strategis Pertanian (Kostratani).

Dalam kunjungan kerja pada Sabtu 12 September 2020 dalam rangka panen padi sawah di Kampung Desay, Prafi, Manokwari, Edi berpesan pada seluruh petani dan penyuluh dan seluruh warga.

"Di tengah pandemi virus corona (COVID-19), saya meminta agar  tetap mengikuti protokol kesehatan dalam beraktivitas, khususnya dalam mengolah lahan sawah," ujar Edi.

Merespons aspirasi petani terutama perbaikan irigasi lahan sawah, Edi mengatakan akan menyampaikan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten dan Dinas terkait lainnya.

"Kami akan sampaikan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten dan Dinas terkait lainnya, agar bapak ibu dapat mengoptimalkan hasil pertanian,
kata Edi.

Sembari menunggu respon dari dinas terkait, para Penyuluh di BPP Prafi yang saat ini berproses menjadi Model BPP Kostratani, terus memberikan memotivasi kepada para petani untuk terus memencahkan masalah irigasi dengan memberi pemahaman dan teknologi yang ada.

Di beberapa kesempatan, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo dalam terus mengajak seluruh insan pertanian untuk menjaga produksi pangan walau dihadapkan pada tantangan apapun.

Upaya yang dilakukan dalam menghadapi tantangan yang ada dengan mengencarkan program-program yang telah dirancang Kementerian Pertanian (Kementan), salah satunya Program Kostratani.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi terus menggerakkan BPP menjadi Model BPP Kostratani.

"Lima peran utama Model BPP Kostratani yang secara perlahan harus diterapkan oleh BPP-BPP yang ada sekarang," sebut Dedi.

Ia mengatakan, model BPP Kostratani berperan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan.

KEYWORD :

Model BPP Kostratani Masalah Irigasi Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :