Sabtu, 20/04/2024 06:49 WIB

PG PAUD UNJ Bahas Peningkatan Kompetensi Pendidikan di Masa Pandemi

PSBB DKI Jakarta yang akan diberlakukan pada Senin, (14/9), harus segara diantisipasi para orang tua dalam mendidik anak berusia 2-4 tahun 

Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, Anan Sutisna (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta yang akan diberlakukan pada Senin, (14/9), harus segara diantisipasi para orang tua dalam mendidik anak berusia 2-4 tahun lantaran kegiatan belajar dan mengajar kegiatan PAUD kembali dilakukan dari rumah.

Hal inilah dibahas pada webinar Peningkatan Kompetensi Pendidikan Paud dalam Mengelola Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, yang diadakan Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Jumat (11/9).

Pada sambutannya, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, Anan Sutisna mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dan program dari UNJ dari para akademisi UNJ.

"Semoga kegiatan webinar ini dapat menjadi solusi dalam menghadapi kendala pembelajaran dan pengelolaan lembaga di masa COVID-19 ini," harap Anan.

Pada acara yang sama, Dosen Pendidikan Guru Anak Usia Dini UNJ, Indah Junasih mengatakan, kegiatan ini sangat diperlukannya untuk menyiapkan panduan belajar mengajar di rumah.

"Membuat tema pembelajaran jarak jauh. Pertama dengan membuat tema yang dekat dengan kehidupan anak saat ini seperti, olahraga, makanan sehat dan keluarga," terang Indah.

Selain itu, lanjut Indah, diperlukan juga tema yang memang mudah diterima oleh anak seperti bayam, semangka, singkong, pemadam kebakaran dan pantai.

Indah menegaskan, stimulus tersebut diperlukan untuk menghindari kejenuhan yang dialami oleh para anak–anak selama masa pandemi.

"Hal ini juga untuk memudahkan orang tua dalam memberikan stimulus kegiatan anak di rumah dan tujuan menyampaikan pembelajaran kepada anak," tegas Indah.

Sementara itu, Laboratorium TTKA Ceria PG PAUD FIP UNJ menyatakan, selama masa pandemi COVID-19, pihaknya juga membuat produk untuk para anak dan orang tua.

Educarer Laboratorium TTKA Ceria PG PAUD FIP UNJ mengatakan, pihaknya menyiapkan produk learning kit. "Tiga bulan terakhirnya kita membuat produk dalam learning kit. Nah panduan tema itu sebenarnya masuk dalam learning kit dan kegiatan yang bersifat bermain," ujarnya.

KEYWORD :

PSBB DKI Jakarta Universitas Negeri Jakarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :