Kamis, 25/04/2024 21:29 WIB

China Bebaskan Lima Warga India yang Ditahan di Perbatasan

Hilangnya mereka bertepatan dengan konfrontasi perbatasan minggu itu di Himalaya barat, di mana keduanya menuduh satu sama lain menembak ke udara.

Personel Angkatan Darat India mengendarai kendaraan saat mereka mengambil bagian dalam latihan perang di Thikse di distrik Leh di wilayah persatuan Ladakh pada 4 Juli 2020. (Foto oleh AFP)

Shanghai, Jurnas.com -  Pemerintah China akan membebaskan lima warga negara India yang ditahan awal bulan ini di wilayah yang berbatasan dengan Tibet.

Global Times mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan, kelimanya adalah agen intelijen India yang berpakaian seperti pemburu, kata surat kabar itu, membantah klaim bahwa mereka telah diculik.

Hubungan bilateral kedua negara merenggang sejak bentrokan di daerah perbatasan yang disengketakan pada Juni. Bentrokan tersebut menewaskan 20 tentara India, semetara korban di China belum diketahui.

Pada Selasa (8/9), menyusul laporan bahwa lima orang India dari negara bagian Arunachal Pradesh, yang berbatasan dengan Tibet di China hilang. Seorang menteri India mengatakan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China mengonfirmasi bahwa mereka telah ditemukan di China.

Hilangnya mereka bertepatan dengan konfrontasi perbatasan minggu itu di Himalaya barat, di mana keduanya menuduh satu sama lain menembak ke udara.

Kedua belah pihak telah lama mengamati protokol yang menghindari penggunaan senjata api di perbatasan yang tidak dibatasi, meskipun kekerasan telah meletus di masa lalu.

Pada Kamis (10/9), Anggota Dewan Negara China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri India S Jaishankar bertemu di Moskow dan setuju untuk mengurangi ketegangan di perbatasan.

Pemimpin redaksi Global Times, Hu Xijin mengatakan di aplikasi Weibo yang mirip Twitter di Tiongkok bahwa hubungan Tiongkok-India sedang stabil. Pengamat hubungan luar negeri China sering menonton pesan Hu di media sosial untuk mengukur sentimen dari pembuat kebijakan Beijing.

"Tampaknya pertemuan berturut-turut antara menteri pertahanan dan menteri luar negeri China dan India telah memainkan peran positif dalam mendinginkan situasi," tulis Hu.

"Selain itu, Tentara Pembebasan Rakyat mempertahankan setiap jengkal tanah negara, dan Tentara India akhirnya gagal memanfaatkannya," sambungnya. (Channelnewsasia)

KEYWORD :

Sengketa Perbatasan Warga India China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :