Kamis, 25/04/2024 20:06 WIB

WHO: Nasionalisme Vaksin akan Perpanjang Pandemi COVID-19

WHO dan aliansi vaksin GAVI memimpin fasilitas COVAX, yang bertujuan membantu membeli dan mendistribusikan suntikan vaksinasi secara adil di seluruh dunia.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (Dirjen WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

New York, Jurnas.com - Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, nasionalisme vaksin hanya akan memperlambat upaya untuk menghentikan pandemi dan menyerukan agar vaksin digunakan secara adil dan efektif.

Tedros mengatakan 78 negara berpenghasilan tinggi kini bergabung dengan rencana alokasi vaksin global “COVAX”, sehingga totalnya menjadi 170 negara, dan jumlahnya terus bertambah. Ia mendesak negara lain untuk bergabung sebelum batas waktu 18 September untuk komitmen yang mengikat.

Bergabung dengan rencana tersebut menjamin akses negara tersebut ke portofolio vaksin terbesar di dunia, dengan sembilan kandidat saat ini sedang dalam proses, katanya, menambahkan bahwa empat lagi "menjanjikan".

WHO dan aliansi vaksin GAVI memimpin fasilitas COVAX, yang bertujuan membantu membeli dan mendistribusikan suntikan vaksinasi secara adil di seluruh dunia.

Tetapi beberapa negara yang telah mengamankan pasokan mereka sendiri melalui kesepakatan bilateral, termasuk Amerika Serikat (AS), mengatakan tidak akan bergabung dengan COVAX.

"Nasionalisme vaksin akan memperpanjang pandemi, bukan memperpendeknya," kata Tedros dalam briefing WHO di Jenewa, tanpa menyebut negara tertentu.

"Jika dan ketika kita memiliki vaksin yang efektif, kita juga harus menggunakannya secara efektif. Dengan kata lain, prioritas pertama haruslah memvaksinasi beberapa orang di semua negara, daripada semua orang di beberapa negara," katanya, menambahkan bahwa prioritas harus diberikan kepada petugas kesehatan, orang tua dan mereka yang memiliki kondisi mendasar.

Tedros berterima kasih kepada Jerman, Jepang, Norwegia, dan Komisi Eropa karena bergabung dengan COVAX selama seminggu terakhir.

"Tentunya pada pertengahan 2021 kita harus mulai melihat beberapa vaksin benar-benar pindah ke negara dan populasi," kata kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan, mengulangi komentar sebelumnya.

Memperhatikan bahwa ada 13 vaksin eksperimental yang saat ini dalam jejak klinis, Swaminathan menyebutnya sebagai skenario optimis karena tingkat keberhasilan 10% yang khas dapat berarti beberapa vaksin disetujui.

Tetapi Swaminathan mengatakan bahwa tidak ada vaksin yang harus disetujui untuk peluncuran di seluruh dunia sampai telah menjalani pemeriksaan yang cukup.

"Tidak ada vaksin yang akan disebarkan secara massal sampai regulator yakin, pemerintah yakin, dan WHO yakin telah memenuhi standar minimum keamanan dan kemanjuran," katanya.

Hasil diharapkan dari beberapa kandidat yang sudah dalam uji coba fase 3, masing-masing melibatkan ribuan peserta, pada akhir tahun atau awal 2021, kata Swaminathan.

"Kami tidak akan memiliki cukup untuk seluruh dunia sejak awal,” katanya menambahkan bahwa peningkatan manufaktur akan membutuhkan waktu. "Pada akhirnya akan ada cukup untuk semua orang tetapi itu berarti prioritas," katanya. (Press TV via Reuters)

KEYWORD :

Nasionalisme Vaksin Tedros Adhanom Ghebreyesus Amerika Serikat Vaksin COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :