Kamis, 25/04/2024 11:13 WIB

Ogah Dikaitkan dengan China, Taiwan Ubah Desain Paspornya

Paspor baru diperlukan untuk mencegah warga negara mereka disalahartikan sebagai warga negara China.

Penampakan paspor Taiwan baru ditampilkan di Taipei, Taiwan, 2 September 2020. ( Foto: Ann Wang/ Reuters)

Taipei, Jurnas.com - Taiwan memutuskan untuk mendesain ulang paspor mereka untuk lebih menonjolkan nama negaranya. Hal itu lantaran kesal dikait-kaitkan dengan China, yang membuat warganya kesulitan di luar negeri.

Selama pandemi COVID-19, Taiwan warganya kerap mengalami masalah saat memasuki negara lain, karena tulisan "Republik China" tertulis di bagian atas paspor dengan ukuran abjad besar. Sementara itu, tulisan "Tawain" tertulis di bagian dasar dengan ukuran abjad yang lebih kecil.

"Sejak awal pandemi di Wuhan tahun ini, warga kami terus berharap bahwa kami dapat lebih menonjolkan visibilitas Taiwan, menghindari orang-orang yang salah mengira mereka berasal dari China," kata Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu kepada awak media.

Dilansir dari Reuters, Wu mengatakan paspor baru diperlukan untuk mencegah warga negara mereka disalahartikan sebagai warga negara China, terutama dengan peningkatan pemeriksaan masuk di banyak negara telah dimulai sejak pandemi dimulai.

Pada desain paspor yang baru, yang diperkirakan akan diedarkan pada Januari 2020, tulisan "Republik China" diperkecil dan diganti menggunakan abjad China. Sebaliknya kata "Taiwan" abjadnya akan lebih diperbesar sehingga lebih menonjol.

Taiwan sendiri sukes mengendalikan COVID-19 dan jumlah kasus yang jauh lebih rendah. Meski demikian, desain paspor lama kerap membuat negara lain memberlakukan pembatasan pada warga Taiwan seperti warga China.

Selain mendesain ulang paspor, Taiwan juga berencana memperbarui desain atau bahkan mengganti nama maskapai penerbangan nasional. Saat ini, nama maskapai mereka masih China Airlines.

China mengklaim Taiwan yang demokratis sebagai wilayah kedaulatannya, dan mengatakan hanya mereka yang memiliki hak untuk berbicara untuk pulau itu secara internasional, posisi yang telah didorongnya dengan kuat selama pandemi, terutama di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

KEYWORD :

China Paspor Taiwan Taiwan Kesal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :