Kamis, 18/04/2024 11:46 WIB

Organisasi Internasional Minta Dunia Selamatkan Gaza

Komite Internasional untuk Mendukung Gaza meminta komunitas dunia untuk menyelamatkan Gaza di tengah agresi, pengepungan

Demonstran di jalur Gaza

Jakarta, Jurnas.com - Komite Internasional untuk Mendukung Gaza meminta komunitas dunia untuk menyelamatkan Gaza di tengah agresi, pengepungan, dan penyebaran covid-19 yang sedang berlangsung.

Hal itu disampaikan Essam Yousef, ketua Komite seperti dikutip Middlleast Monitor pada Selasa (01/09).

Ia meminta lembaga amal yang mendukung rakyat Palestina untuk mempercepat organisasi kampanye bantuan darurat untuk sektor kesehatan di Gaza, selain memberikan bantuan makanan dan paket untuk keluarga miskin.

Terkait, Koordinator Proses Perdamaian Timur Tengah PBB, Nickolay Mladenov, telah menyatakan keprihatinan tentang eskalasi permusuhan yang akan segera terjadi di Jalur Gaza.

Situasi keamanan di Gaza dan sekitarnya memburuk dengan cepat, di saat Jalur Gaza menyaksikan peningkatan pesat kasus infeksi virus korona di antara penduduk.

Di Gaza, Kementerian Kesehatan mengumumkan pada akhir pekan bahwa jumlah total kasus yang terinfeksi di Jalur Gaza sejak Maret lalu telah mencapai 192, termasuk 3 kematian, dan 72 kasus pulih.

Selama 3 minggu terakhir situasi keamanan Gaza tetap sangat tegang mengingat terus diluncurkannya balon pembakar dari Jalur itu, dan tanggapan tentara Israel dengan serangan bom di berbagai bagian wilayah.

Peluncur balon pembakar, yang menyalakan api di wilayah Israel yang berdekatan dengan Jalur Gaza, mengatakan mereka berusaha memaksa Israel untuk mematuhi pemahaman gencatan senjata yang mencakup meringankan pengepungan di Gaza.

Pemerintah Israel juga telah memutuskan untuk memperketat pengepungan dengan mencegah masuknya bahan bakar dan bahan bangunan ke Gaza, menutup laut sepenuhnya dan mencegah nelayan menangkap ikan.

KEYWORD :

Wilayah Gaza Komunitas Internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :