Sabtu, 20/04/2024 08:37 WIB

Beasiswa OSC 2020 Dibuka, Ini Pesan Mendikbud

Dalam sambutannya, Nadiem menyebut kehadiran OSC Medcom.id merupakan wujud nyata kontribusi swasta dalam memajukan pendidikan nasional, dan memegang peran penting bagi keberlanjutan pendidikan di Tanah Air.

Ilustrasi Beasiswa (Foto: Berita Sulsel)

Jakarta, Jurnas.com - Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id kembali digelar tahun ini, dan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

Dalam sambutannya, Nadiem menyebut kehadiran OSC Medcom.id merupakan wujud nyata kontribusi swasta dalam memajukan pendidikan nasional, dan memegang peran penting bagi keberlanjutan pendidikan di Tanah Air.

"Kehadiran OSC yang selama enam tahun berturut-turut telah membantu mewujudkan generasi muda untuk mengenyam di pendidikan tinggi yang tentunya ini peran yang sangat penting," ujar Nadiem dalam peluncuran OSC Medcom.id yang digelar secara daring pada Kamis (27/8) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada program kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang digagas Medcom.id ini.

Menurutnya, program tersebut merupakan wujud nyata kontribusi sektor swasta dalam mendukung pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Saya bangga dan berterima kasih, karena ini adalah perwujudan komitmen sektor swasta untuk sama-sama membangun kualitas SDM Indonesia," ucap Nadiem.

Lulusan Harvard University ini berharap, program serupa OSC Medcom.id dapat menular, bertumbuh dan berkembang di berbagai sektor. Sehingga akselerasi pendidikan nasional dapat berjalan baik.

Kepada para peserta yang nantinya dinyatakan berhak atas beasiswa, Nadiem mengucapkan selamat. Dia berharap beasiswa yang diraih peserta dapat digunakan untuk menggali ilmu sedalam mungkin.

"Kepada adik-adik penerima beasiswa jenjang S1 dan S2 Saya mengucapkan selamat. Merdekakan diri kalian untuk menggali ilmu, wawasan, dan pengalaman yang positif untuk mencapai cita-cita kalian. Jadikan tantangan sebagai peluang untuk semakin mematangkan potensi yang kalian miliki," seru Nadiem.

Program OSC tahun ini bakal berbeda dari penyelenggaran tahun-tahun sebelumnya. Sebab tahun ini, OSC memberikan kesempatan beasiswa tidak hanya untuk jenjang S1, namun juga pascasarjana (S2).

Untuk Program Sarjana (S1) sendiri, ada 19 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di delapan kota berbeda yang bekerja sama dengan Medcom.id sebagai penyedia beasiswa.

"Sedangkan untuk 60 beasiswa program S2 di tujuh PTS mitra yang juga akan menyediakan beasiswa," kata CEO Media Group Mirdal Akib.

Sementara itu, CEO Medcom.id, Kania Sutisnawinata menambahkan, bahwa tahun ini OSC sudah memasuki tahun ke-6 penyelenggataannya. Artinya, sudah enam tahun pula OSC Medcom.id bersama mitra Perguruan Tinggi Swasta yang menyediakan beasiswa telah berkontribusi pada dunia pendidikan tinggi di Indonesia.

Tahun ini, meskipun di tengah pandemi, OSC berusaha tetap menghadirkan beasiswa perguruan tinggi, untuk seluruh anak negeri yang layak mendapatkannya. "Karena pandemi, mimpi anak bangsa tak boleh terkubur," tegas Kania.

Berikut daftar Perguruan Tinggi Swasta Penyedia Beasiswa OSC Medcom.id 2020:

Jakarta

1. Universitas Mercubuana (beasiswa S-1 & S-2)
2. Universitas Multimedia Nusantara (beasiswa S-1)
3. Universitas President (beasiswa S-1)
4. Universitas Trisakti (beasiswa S-1)
5. PPM School of Management (beasiswa S-1 dan S-2)

Bandung

6. Institut Teknologi Nasional (beasiswa S-1)
7. Universitas Kristen Maranatha (beasiswa S-1)
8. Universitas Telkom (beasiswa S-1 dan S-2)

Semarang dan Salatiga

9. UNISBANK (beasiswa S-1)
10. Universitas Kristen Satya Wacana (beasiswa S-1)

Yoogyakarta

11. Univ Kristen Duta Wacana (beasiswa S-1 dan S-2)

Malang

12. Universitas Gajayana (beasiswa S-1 dan S-2)
13. Universitas Islam Malang (beasiswa S-1 dan S-2)

Surabaya

14. Universitas Ciputera (beasiswa S-1)
15. Universitas 17 Agustus 1945 (beasiswa S-1)
16. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (beasiswa S-1 dan S-2)
17. Universitas Nahdlatul Ulama (beasiswa S-1)

Makassar

18. Universitas Fajar (beasiswa S-1)
19. Universitas Muslim Indonesia (beasiswa S-1)

Dari 19 perguruan tinggi swasta tersebut, total beasiswa S1 yang diberikan pada OSC 2020 adalah 380 beasiswa dan 60 Beasiswa S2. "Total beasiswa S1 dan S2 ada 440 beasiswa dari Universitas dengan rekam jejak yang baik, dan terakreditasi A/B. Semua Beasiswa tersebut siap diperebutkan di OSC 2020," kata Corporate Communications Medcom.id, Herfindo Gading.

KEYWORD :

OSC 2020 Mendikbud Info Beasiswa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :