Sabtu, 20/04/2024 04:45 WIB

Awas! Jabar Bakal Denda Warga yang Tak Pakai Masker

Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan memberikan sanksi berupa denda melalui aplikasi bagi warga yang melanggar protokol kesehatan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan memberikan sanksi berupa denda melalui aplikasi bagi warga yang melanggar protokol kesehatan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sanksi berupa denda itu akan diberikan kepada warga yang tidak memakai masker di area publik pada masa PSBB ataupun adaptasi kebiasaan baru.

"Per minggu ini denda masker akan kami gunakan dengan aplikasi menggunakan handphone. Jadi nanti siapa yang kena tilang akan langsung masuk (aplikasi), receipt dan kuitansinya ke handphone," kata Emil sapaan Ridwan Kamil, dalam jumpa pers di Gedung Sate, Jumat (21/8).

Hal itu, kata Emil, sebagai upaya agar masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Mengingat, pembukaan kegiatan sektor ekonomi akan dilakukan secara bertahap guna membangkitkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Emil telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 60 Tahun 2020 pada 27 Juli lalu tentang pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran tertib kesehatan dalam pelaksanaan PSBB dan AKB dalam penanggulangan Covid-19 di Jabar.

Gagasan Pemprov Jabar menerapkan pembayaran denda tak memakai masker sendiri dicetuskan sebelum Pergub 60/2020 diterbitkan.

KEYWORD :

Pandemi Covid-19 Protokol Kesehatan Denda Tak Pakai Masker Pemprov Jabar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :