Kamis, 18/04/2024 23:50 WIB

Iran: Palestina Terbakar Api Pengkhianatan Penguasa Arab

 Pada 21 Agustus 1969, masjid itu dibakar oleh seorang pemukim Australia berkoordinasi dengan pejabat dan pasukan militer Israel.

Muslim Palestina melakukan salat Jumat terakhir di bulan puasa suci umat Islam di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada 8 Juni 2018 [Mostafa Alkharouf / Anadolu Agency]

Teheran, Jurnas.com - Pemerintah Iran mengatakan setengah abad setelah serangan pembakaran Israel di Masjid al-Aqsa, Palestina yang tidak bersalah masih terbakar api serangan Israel dan pengkhianatan beberapa penguasa Arab.

"Hari ini adalah Hari Masjid Sedunia. Sudah 51 tahun sejak ekstremis Zionis membakar Masjid al-Aqsa,  kiblat pertama umat Muslim, warisan bersama umat manusia, dan simbol persatuan di antara semua agama monoteistik," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh di akun Twitternya pada Jumat (21/8).

"Palestina yang tidak bersalah masih terbakar dalam api kelalaian dan serangan rezim Zionis dan pengkhianatan penguasa Arab tertentu," tambahnya.

Kicauan itu pada peringatan 51 tahun serangan pembakaran ekstremis Zionis di Masjid al-Aqsa. Pada 21 Agustus 1969, masjid itu dibakar oleh seorang pemukim Australia berkoordinasi dengan pejabat dan pasukan militer Israel.

Hari Masjid Sedunia kini telah menjadi acara tahunan ketika umat Islam di seluruh dunia menyoroti pentingnya Masjid al-Aqsa sebagai situs tersuci ketiga dunia Muslim.

Tahun ini, kesepakatan kontroversial antara Uni Emirat Arab (UEA) dan rezim Israel untuk menormalisasi hubungan bilateral mereka telah membuat marah umat Islam di seluruh dunia.

Pekan lalu, Israel dan UEA mengumumkan dalam pernyataan bersama, yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, bahwa mereka telah menyetujui normalisasi penuh hubungan, yang memicu kemarahan di antara warga Palestina dan pendukung perjuangan Palestina melawan pendudukan Israel.

Sebagai hasil dari kesepakatan, yang oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran disebut sebagai "pengkhianatan", kemarahan mendidih di Timur Tengah dan di tempat lain, para pemimpin Palestina menggambarkannya sebagai "tikaman dari belakang" oleh sebuah negara Arab.

Pada Selasa (18/8) Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mencela UEA yang sejak lama menggambarkan dirinya sebagai pendukung perjuangan Palestina karena menikam bangsa Palestina dari belakang dengan berdamai dengan Israel.

Abbas memperingatkan negara-negara Arab lainnya untuk tidak mengikuti Abu Jejak Dhabi. Menurutnya, berdasarkan Inisiatif Perdamaian Arab 2002, normalisasi Israel harus dilakukan setelah kesepakatan dicapai antara Palestina dan Tel Aviv, dan bukan sebaliknya.

Beberapa negara telah mulai bergerak, baik secara terbuka maupun rahasia… ini ditolak, dan kami orang-orang Palestina akan terus benar-benar menolak ini, tidak peduli negara mana yang melakukan ini. Anda harus menghormati keputusan yang telah Anda tanda tangani, ”katanya.

KEYWORD :

Masjid al-Aqsa Palestina Negara Arab




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :