Kamis, 25/04/2024 09:30 WIB

Lewat Virtual Expo, Mahasiswa KKN-T IPB Sumedang Dorong Peningkatan UMKM

Virtual expo juga akan menampilkan produk-produk UMKM yang merupakan produk asli dari tangan-tangan kreatif masyarakat di daerah Sumedang

Mahasiswa-mahasiswi KKN-T IPB Sumedang saat berinteraksi dengan masyarakat lokal

Jakarta, Jurnas.com - Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam group Kuliah Kerja Nyata (KKN) IPB University Sumedang-01 bertekad mendorong peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Indonesia, khususnya Sumedang.

Hal itu akan diwujudkan dalam sebuah acara Virtual Expo bertema "Solusi kreatif dan inovatif digital marketing pada masa pendemik COVID-19 sebagai wujud semangat menyambut kemerdekaan RI" yang akan diselenggarakan pada Minggu 16 Agustus mendatang secara online.

Acara tersebut akan menghadirkan Kepala Bidang Ekonomi dan SDA Bappeda Kabupaten Sumedang, H. Erwin bersama dosen IPB sebagai pembicara.

Selain itu, virtual expo juga akan menampilkan produk-produk UMKM yang merupakan produk asli dari tangan-tangan kreatif masyarakat di daerah Sumedang.

"Virtual Expo ini dilakukan melalui zoom meeting, setiap umkm menampilkan poster produknya dan dijelaskan deskripsi produknya oleh moderator. Kemudian ditayangkan web virtual 3d exhibition," ujar Maria Qibtia, salah satu anggota KKN-T IPB.

Mahasiswi asal Sumedang itu berharap dengan adanya kegiatan ini mampu mendorong peningkatan penjualan produk UMKM sehingga bisa membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan perekonomian mereka.

"Semoga acara ini menjadi solusi pemasaran yang kreatif dan inovatif untuk UMKM di daerah Sumedang," harapnya.

Ia juga berharap melalui acara ini, produk-produk pelaku UMKM dapat dibantu untuk diperkenalkan ke masyarakat sehingga omset yang didapat akan semakin meningkat.

"Acara ini sekaligus memperkenalkan produk-produk UMKM yang telah dipilih panitia untuk ditampilkan, sehingga masyarakat tahu karya-karya kreatif dari para pelaku UMKM," ujarnya.

Terakhir, Maya (sapaan Maria, Red) mengajak masyarakat untuk ikut serta memeriahkan acara virtual expo ini demi mendukung perkembangan UMKM di tanah air tercinta.

"Ayo bagi teman-teman maupun masyarakat ikut memeriahkan acara ini. Yang pasti takkan menyesal karena ada ilmu yang akan didapat serta ada doorprize yang akan dibagikan kepada kalian yang hadir," ajaknya.

KEYWORD :

Virtual Expo KKN-T IPB UMKM Sumedang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :