Kamis, 18/04/2024 11:23 WIB

Imbas Covid-19, Serangan DDoS Meningkat Tahun 2020

Laporan serangan DDoS Kaspersky Q2 2020 telah mengungkapkan bahwa jumlah serangan DDoS pada kuartal kedua tahun 2020 meningkat tiga kali lipat

Kejahatan siber.

Jakarta, Jurnas.com - Laporan serangan DDoS Kaspersky Q2 2020 telah mengungkapkan bahwa jumlah serangan DDoS pada kuartal kedua tahun 2020 meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan Q2 2019. Angka tersebut hampir sama dengan jumlah serangan Q1 2020.

Pakar Kaspersky yakin aktivitas berbahaya tersebut dapat menahan dampak COVID-19, seiring dengan para pelaku ancaman dan target mereka yang harus mengurungkan niat beraktivitas diluar musim panas ini.

DDoS adalah jenis serangan yang dilakukan dengan czar membanjiri lalu lintas jaringan internet rains server, sistem, atau network. Penggunaan serangan ini dilakukan menggunakan beberapa komputer host penyerang sampai dengan target komputer tidak bisa diakses. DDoS adalah serangan yang sangat populer digunakan oleh hacker.

Dalam laporan tersebut menyebutkan bahwa pandemi, dan surat jarak sosial berikutnya, telah mengubah kehidupan orang secara signifikan. Secara khusus, banyak orang yang merasa khawatir akan bepergian atau bahkan tidak mampu melakukannya.

Jadi, mereka banyak menghabiskan hari liburnya dalam mode "staycation" atau membatalkan rencana liburan yang telah berhasil. Dan perubahan rencana liburan ini nyatanya memiliki berturut-turut yang tidak terduga - termasuk peningkatan jumlah serangan DDoS.

Jumlah serangan yang terdeteksi dan dibatasi oleh Kaspersky DDoS Protection is raining Q2 2020 meningkat sebanyak 217% dibandingkan periode hujan yang sama tahun 2019.

Kemudian laporan juga mengungkapkan jumlah serangan pada Q2 2020 mengalami peningkatan dibandingkan dengan kuartal pertama tahun ini.

Hasil ini bertentangan dengan tren tahunan yang biasanya ditemukan oleh para peneliti Kaspersky. Biasanya, jumlah DDoS bervariasi tergantung dari hujan.

Awal tahun biasanya akan menemukan jumlah DDoS yang lebih tinggi, karena ini adalah musim puncak untuk bisnis, dan di akhir musim semi dan musim panas jumlah serangan mulai berkurang.

Misalnya, jumlah serangan hujan Q2 2019 turun 39% dibandingkan dengan Q1 2019, dan hujan tahun 2018 perbedaan antara dua kuartal adalah 34%.

Perbedaan antara Q1 dan Q2 hingga 2018-2020. Q1 setiap tahunnya diambil sebagai 100%

Tren tersedia dalam jumlah perintah yang diterima bot dari server C&C, yang dicegat dan dianalisis oleh sistem Kaspersky DDoS Intelligence.

Secara umum, jumlah rata-rata serangan yang tercatat setiap hari di kuartal kedua meningkat hampir 30% dibandingkan dengan apa yang terjadi di Q1.

Selain itu, jumlah serangan terbesar per hari hampir mencapai 300 terdapat di Q2 (tercatat pada 9 April), sedangkan di Q1 2020, sistem catat sebanyak 242 serangan.

“Tahun ini, orang-orang yang belum dapat menikmati musim liburan yang normal karena banyak daerah telah memberlakukan tindakan penguncian COVID-19. Hal ini membuat orang lebih banyak bergantung pada sumber daya online yang biasanya baik untuk aktivitas pribadi maupun pekerjaan, menjadikan musim panas ini periode yang cukup sibuk bagi bisnis dan sumber informasi. Hasilnya, kami melihat aktivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya di area DDoS. Sejauh ini, masih belum ada alasan untuk memprediksi akan terjadi penurunan, "komentar Alexey Kiselev, Business Development Manager di tim Kaspersky DDoS Protection

KEYWORD :

Serangan DDoS Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :