Jum'at, 26/04/2024 06:32 WIB

Usai Patah Lengan, Marquez Siap Balapan Lagi

Meskipun lolos untuk kembali beraksi akhir pekan ini, juara MotoGP Marc Marquez yang cedera akan absen berlatih Jumat

Marc Marquez

Jakarta, Jurnas.com - Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, mengkonfirmasi bahwa meskipun lolos untuk kembali beraksi akhir pekan ini, juara MotoGP Marc Marquez yang cedera akan absen berlatih Jumat (24/07).

"Tidak ada yang berharap melihatnya di sini. Ketika kecelakaan itu terjadi, kami sangat khawatir dan tentu saja ia harus pergi ke Barcelona untuk operasi. Tetapi operasi itu berjalan, terus terang, dengan sangat baik. Kami tahu dokter itu baik tetapi itu adalah pekerjaan yang fantastis," kata Puig dilansir Crash, Jumat (24/07).

Hanya dua hari setelah operasi untuk menambal lengan kanan yang patah, Marquez membuat kejutan kembali ke paddock Jerez pagi ini dan kemudian melewati tes medis untuk mencoba dan mengendarai MotoGP Andalucia akhir pekan ini.

"Dan setelah operasi, pengendara mulai merasa sangat baik. Dia mulai menghubungi kami, mengatakan `Saya tidak terlalu buruk. Saya merasa baik. Saya tidak mengalami terlalu banyak rasa sakit. Saya bisa menggerakkan lengan`. Kemungkinan Situasi kerusakan saraf, seperti yang diinformasikan dokter, baik-baik saja," ujar Puig.

"Awalnya, jelas, posisi Honda adalah untuk membatalkan balapan ini dan mencoba di Brno. Tetapi setelah apa yang kita lihat dari keinginan Marc, setelah apa yang dikatakan para dokter hari ini, menyatakan dia cocok, kita sampai pada sebuah posisi katakanlah `pemahaman` bahwa dia akan mencoba pada hari Sabtu dan tergantung pada bagaimana perasaannya, dia akan mencoba atau tidak untuk balapan," tambahnya.

Namun pihak Honda memintanya untuk memeriksa pada hari Sabtu dulu dan benar-benar mengerti apakah dia benar-benar mampu balapan atau tidak. Jika itu terlalu berisiko, Marc sudah mengerti bahwa tak perlu memaksakan untuk balapan.

"Tapi dari hari Minggu lalu hingga hari ini, segalanya berjalan sangat cepat dan begitu cepat sehingga terus terang kami sangat terkejut," tandasnya.

Puig menjelaskan bahwa acara back-to-back MotoGP pertama kalinya di sirkuit yang sama berarti tidak perlu mengambil risiko naik pada Jumat.

"Jika itu adalah trek baru, itu akan lebih sulit. Tetapi kami telah berada di sini selama lima hari sehingga pengaturan sepeda kami tahu, ia tahu persis bagaimana cara mengendarai sepeda di trek ini. Jadi tidak ada artinya untuk mencoba Jumat dan untuk memberi lebih banyak tekanan pada cedera, "kata Puig.

"Jadi dia akan mencoba hari Sabtu dan setelah itu kita akan melihat. Tapi itu sangat penting bagi Honda dan bagi tim Repsol Honda untuk juga menghormati keinginan pengendara. Jadi kita mendapatkan kompromi ini [untuk menunggu sampai Sabtu] dan kemudian kita akan melihat hasil pada hari Sabtu."

KEYWORD :

Marc Marquez MotoGP Andalusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :