Selasa, 23/04/2024 20:51 WIB

Perdana Digelar Daring, KIHAJAR 2020 Usung Tiga Program

Program KIHAJAR 2020 tahun ini mengusung format yang berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat adanya pandemi virus corona baru (Covid-19).

Kepala Pusdatin Kemdikbud Hasan Chabibie membuka KIHAJAR 2020

Jakarta, Jurnas.com - Program KIHAJAR 2020 tahun ini mengusung format yang berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat adanya pandemi virus corona baru (Covid-19).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hasan Chabibie dalam peluncuran KIHAJAR 2020 pada Kamis (23/7) secara daring.

"Kalau di tahun-tahun sebelumnya kami secara luar jaringan menyelenggarakan KIHAJAR ini di 34 provinsi seluruh Indonesia, tapi karena situasi kali ini masih pandemi, kami sama-sama mengerti dan menyelenggarakannya secara daring," ujar Hasan.

Kendati dilakukan secara daring, Hasan memastikan pelaksanaan KIHAJAR atau kependekan dari `Kita Harus Belajar` ini juga melibatkan dinas pendidikan, Telkom, para guru, dan seluruh siswa di Tanah Air.

Dia menyebut dari pandemi ini masyarakat mulai belajar melek teknologi. Tidak hanya itu, pandemi Covid-19 juga melahirkan anak-anak muda yang merupakan penduduk asli digital.

"Adik-adik kita ini tadi yang kita lihat semua yang memperagakan pantomim, baca puisi, atau MC-nya tadi itu mereka adalah anak-anak pada zamannya," kata dia.

Hasan melanjutkan, Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) merupakan siswa yang turut serta dalam kegiatan KIHAJAR, yang tujuan utamanya adalah mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21.

Pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari–hari menjadi suatu yang sangat dekat bagi GEN KIHAJAR.

"Mereka merupakan generasi yang dimana mereka sejak lahir sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai dan internet," tutur Hasan.

Selain dengan logo baru, KIHAJAR tahun ini hadir dengan tiga program baru, yakni KIHAJAR STEM, KIHAJAR EXPLORER dan KIHAJAR TIK Talks.

Hasan menjelaskan, KIHAJAR STEM merupakan media sosialiasi produk Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi. Selain itu juga bertujuan meningkatkan kemampuan literasi, motivasi dan pendidikan karakter dalam wujud kemandirian dan kejujuran.

KIHAJAR EXPLORER hadir melalui akun Instagram tvedukasi_kemdikbud dengan memberikan pertanyaan setiap harinya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peserta akan diberikan tautan konten yang terdapat di portal Rumah Belajar, TV Edukasi maupun Suara Edukasi.

Jawaban peserta dikirimkan melalui kolom komentar sesuai dengan postingan pertanyaannya di akun Instagram tvedukasi_kemdikbud setiap harinya.

Peserta yang boleh mengikuti KIHAJAR EXPLORER terbuka untuk semua jenjang pendidikan, baik di dalam negeri maupun siswa Indonesia di luar negeri.

Adapun KIHAJAR TIK Talks diperuntukkan bagi para guru. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan literasi pemanfaatan TIK, kemandirian dalam pengembangan TIK untuk pendidikan dan sebagai sarana sosialisasi dari pemanfaatan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi. Semua kegiatan diselenggarakan secara daring yang dimulai pada 23 Juli 2020.

KEYWORD :

KIHAJAR 2020 Kemdikbud Hasan Chabibie




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :