Jum'at, 19/04/2024 09:55 WIB

Menpora RI Ingin Perguruan Tinggi Menjadi Tempat Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Muda

Alhamdulilah, satu demi satu program prioritas ini  bisa kami  lakukan secara perlahan tapi pasti

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora.go.id)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam upaya meningkatkan jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Kuliah Kewirausahaan Pemuda Tahap I Tahun 2020 dengan tema "Menumbuhkan Minat Kewirausahaan dan Menguatkan Mindset Wirausaha. Acara dibuka oleh Menpora RI Zainudin Amali secara virtual, Kamis (23/7) pagi dari kediamannya, Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Menurut Menpora RI, Kemenpora RI mempunyai 5 program prioritas untuk tahun 2020 - 2024 yang salah satu adalah tentang kewirausahaan yang tujuanya pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

"Jadi memang 5 program prioritas ini terdesain sejak awal saya memimpin Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dan ini menjadi panduan Kemenpora dalam melaksanakan kegiatan. Alhamdulilah, satu demi satu program prioritas ini bisa kami lakukan secara perlahan tapi pasti," ucapnya.

Ia melanjutkan, kaitanya dengan hal ini, tentu kami sebagai kementerian yang punya tugas untuk membidangi urusan pembangunan sumberdaya manusia, maka harus melakukan langkah-langkah strategis. Salah satunya adalah semangat kewirausahaan dan ini harus kita tumbuhan dikalangan anak muda Indonesia. Agar mereka punya minat menjadi wirausaha.

"Minat kewirausahaan ini harus sudah ditumbuhkan sejak dibangku sekolah. Kenapa, karena kita melihat para pemuda kita semangat untuk berwirausaha masih sangat rendah. Padahal di saat-saat seperti sekarang ini (pandemi Covid-19) justru usaha mandiri  itulah yang bisa mempertahankan hidup kita. Oleh kerana itu, untuk menumbuhkan semangat berwirausaha maka salah satu sasaran adalah perguruan tinggi," jelasnya.

"Sebaiknya mata kuliah kewirausahaan ini sudah diberikan untuk semua jurusan sehingga begitu mereka selesai  kuliah, maka semangat mereka untuk wirausaha sudah ada. Berwirausaha adalah pilihan utama dengan bekal ilmu yang didapatkan dari perguruan tinggi. Saya kira semangat ini harus kita jadikan semangat bersama. Dan itulah alasannya kami memilih perguruan tinggi menjadi tempat untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan," tuturnya.

"Saya kira harapan-harapan itulah, kita ingin menumbuhkan minat kewirausahaan dan menguatkan mindset wirausaha di kalangan anak muda khususnya para mahasiswa agar setelah  mereka lulus, bisa menyediakan lapangan pekerjaan buat orang lain," tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda  Imam Gunawan, Rektor UGM Panut Mulyono, Pembina Kopma UGM Didi Achjari dan CEO Sweet Sundoe lce Cream Andromeda Sindoro.

KEYWORD :

Kemenpora Zainudin Amali Program Prioritas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :