Rabu, 24/04/2024 08:20 WIB

Ebay Lepas Bisnis Iklan Baris ke Perusahaan Norwegia

Perusahaan Ebay Inc (EBAY.O) resmi melepas bisnis iklan barisnya ke grup Norwegia Adevinta ADEV.OL, dalam kesepakatan senilai US$9,2 miliar.

Perusahaan iklan baris Ebay (Foto: Wired)

Oslo, Jurnas.com - Perusahaan Ebay Inc (EBAY.O) resmi melepas bisnis iklan barisnya ke grup Norwegia, Adevinta ADEV.OL, dalam kesepakatan senilai US$9,2 miliar.

Dikutip dari Reuters pada Selasa (21/7), Ebay akan menerima US$2,5 miliar dalam bentuk tunai dan 540 juta saham Adevinta, menjadikannya pemegang saham terbesar dengan 44 persen saham perusahaan pro forma.

"Adevinta menjadi perusahaan iklan baris online terbesar di dunia, dengan portofolio unik merek pasar terkemuka," kata CEO Adevinta Rolv Erik Ryssdal.

Perusahaan akan memiliki kehadiran pasar di 20 negara, yang mencakup satu miliar orang dengan tiga miliar kunjungan setiap bulan.

"Kami percaya kombinasi dari dua perusahaan, dengan bisnis pelengkap mereka, menciptakan salah satu kisah ekuitas yang paling menarik dan menarik di sektor iklan baris online," tutur Ryssdal.

Adevinta merupakan bagian dari perusahaan media Nordik Schibsted (SBSTA.OL), dan terdaftar di bursa Oslo tahun lalu.

Sahamnya melonjak 39 persen setelah perdagangan yang telah dihentikan dilanjutkan, sementara saham Schibsted naik 21 persen.

Perusahaan ini memiliki merek seperti Leboncoin, situs web iklan baris online terbesar di Prancis, OLX Brasil, dan puluhan web iklan baris lainnya di seluruh Eropa, Amerika, dan Afrika Utara.

EBay Classifieds Group mencakup merek Gumtree dan Kijiji, dan menawarkan iklan online ke lebih dari 1.000 kota di seluruh dunia. Bisnis ini membukukan pendapatan operasi US$83 juta dari pendapatan US$248 juta pada kuartal pertama 2020.

Transaksi yang diperkirakan akan ditutup pada kuartal pertama 2021, menargetkan US$150-185 juta dalam sinergi tahunan dalam tiga tahun.

Itu berarti saham Schibsted di Adevinta turun menjadi sekitar 33 persen dari 59 persen, menurut keterangan Schibsted secara terpisah.

KEYWORD :

Iklan Baris Ebay Adventia Belanja Daring




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :