Kamis, 18/04/2024 22:59 WIB

Bencana Luwu Utara: PDI Perjuangan Kerahkan Baguna Membantu Korban

Tim Baguna PDIP Diberangkatkan Hari Ini, Kerusakan Lingkungan Penyebab Bencana Alam

Rakor Baguna jalankan protokol kesehatan Covid-19

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan mengerahkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) untuk membantu rakyat yang menjadi korban bencana tanah longsor di Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

"Pada hari Rabu, 15 Juli 2020, Baguna Propinsi Sulses dipimpin Ketua DPD Partai, Andi Ridwan Wittiri bersama Kepala Baguna Evi Wulandari telah bergerak cepat," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Kamis (16/7/2020).

Ia menjelaskan, PDI Perjuangan sejak tahun 2010 telah memiliki Baguna. Seluruh tim sudah dilatih BASARNAS dan BNPB serta BMKG.

Baguna dibentuk karena PDI Perjuangan mengedepankan gerak dan aksi kemanusiaan. Sebab politik itu membumi dan menyatu dengan seluruh kehidupan rakyat.

"Pagi ini kami melakukan teleconference dengan seluruh jajaran Baguna dan para Ketua DPC Partai di Sekitar Luwu Utara. Korban meninggal tercatat 22 orang, dan 24 orang lainnya belum ditemukan. Lebih dari 150 ribu orang mengungsi, dan genangan pasir dan tanah yang menutupi kota sekitar 6 m," papar Hasto.

Ia menyebut longsor di Luwu Utara adalah bencana alam yang dahyat. PDI Perjuangan percaya Presiden Jokowi dan Mensos Ari Batubara akan bertindak cepat membantu rakyat.

Sementara itu, Ketua DPP Bidang Sosial dan Bencana Alam, Ribka Ciptaning dan Wasekjen Kerakyatan, Sadar Restu telah melakukan langkah koordinasi dan siap melakukan mobilisasi tim Baguna Pusat.

Kata Hasto, apa yang terjadi semakin menyadarkan kita betapa pentingnya menjaga lingkungan. Pelarangan penebangan hutan bersifat wajib, demikian pula kegiatan pertambangan harus memerhatikan kelestarian lingkungan.

"Berdasarkan laporan Baguna Sulsel, tanah longsor di Luwu Utara akibat pembalakan liar. Untuk itu aparat kepolisian harus bertindak tegas," ungkapnya.

Hasto juga mengatakan PDI Perjuangan telah memasukkan aspek lingkungan ini sebagai materi dalam sekolah para calon kepala daerah. Dan rakyat tidak boleh menjadi korban.

"Ketua Umum PDI Perjuangan telah menginstruksikan seluruh kader Partai di Sulsel untuk bergotong royong. Prioritaskan bantuan untuk Ibu-Ibu dan anak-anak Balita. Dapur Umum disiagakan. Bantu rakyat tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya," tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan.

KEYWORD :

Badan Penanggulangan Bencana Baguna Luwu Utara Longsor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :