Sabtu, 20/04/2024 01:10 WIB

Setelah Masuk Islam, Dubes Inggris Ini Naik Haji

Collis lewat Twitter merespon dengan mengucapkan terima kasih kepada para pemberi selamat. Ia menjelaskan dirinya masuk Islam sebelum menikahi istrinya.

Simon Collis Berhaji

Ada yang berbeda dari 19 ribu jamaah haji asal Inggris tahun ini. Di antara mereka, duta besar Inggris untuk Arab Saudi, Simon Collis, turut menunaikan ibadah haji setelah resmi menjadi Muslim.

Collis yang melakukan ibadah ini bersama istrinya, Huda Mujarkech, merupakan diplomat senior Inggris pertama yang masuk Islam dan menunaikan ibadah haji. Ini yang membuat ia banyak mendapatkan selamat dari berbagai kalangan.

Foto-foto Collis diunggah di media sosial, mendapat sambutan positif, antara lain penulis dan pegiat wanita Arab Saudi, Fawziah Albakr.

"Duta besar Inggris untuk Arab Saudi menjalani ibadah haji setelah masuk Islam. Simon Collis dengan istrinya Huda di Mekah. Alhamdulillah."

Sementara itu Putri Basmah binti Saud menulis di Twitter, "Selamat khususnya kepada duta besar dan istrinya."

Lalu Simon Collis merespons ucapan selamat via Twitter. "Pendeknya, Saya masuk Islam setelah menghabiskan 30 tahun di masyarakat Muslim dan sebelum menikahi Huda."

Diplomat Inggris tersebut telah menjabat sebagai duta besar untuk Arab Saudi sejak 2015. Dia bertugas untuk Kemenlu Inggris, termasuk sebagai duta besar untuk Irak, Suriah dan Qatar. 

Collis juga menjabat sebagai konsulat jenderal di Dubai dan Basra, juga pernah bertugas di Tunis, New Delhi, dan Amman.

Pada 2012, oleh Kemenlu dia diminta meninggalkan Suriah karena alasan keamanan dan secara terbuka dia mengkritik rezim Assad atas perannya dalam perang saudara.

 

KEYWORD :

Dubes Inggris haji




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :