Selasa, 23/04/2024 23:23 WIB

Ajaran Bung Karno Lahirkan Sinergi antar-Anak Bangsa

Nilai-nilai kemanusiaan yang welas asih dan keadilan sosial mutlak diterjemahkan dalam bentuk regulasi kebijakan

Djarot Saiful Hidayat, Ketua Panitia Bulan Bung Karno

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan, apabila setiap warga negara menerapkan nilai-nilai Pancasila, maka akan lahir yang namanya sinergi antar-anak bangsa.

"Kita mensyukuri Indonesia memiliki Pancasila yang menjadi modal besar bangsa untuk menghadapi berbagai masalah di masa depan," kata Djarot dalam Webinar Nasional IV BBK 2020 dengan tema `Politik Kesehatan Berdikari` yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat PDIP, Selasa (30/6/2020).

Djarot yang merupakan Ketua Panitia Bulan Bung Karno (BBK) menyebut Pancasila yang digali oleh Bung Karno dari bumi Indonesia, secara nyata menjadi bekal untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Karenanya, seluruh anak bangsa jangan pernah meninggalkan nilai-nilai Pancasila.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, peringatan Bulan Bung Karno (BBK) tetap dijalankan meski dalam kondisi Covid-19. Dan ternyata, makin disadari bahwa ajaran Bung Karno nyata-nyata sangat dibutuhkan bangsa Indonesia.

"Semangat kebersamaan, solidaritas, gotong royong, religiositas, musyawarah untuk mufakat, nilai-nilai kemanusiaan yang welas asih dan keadilan sosial mutlak diterjemahkan dalam bentuk regulasi kebijakan," katanya.

Djarot menuturkan, peringatan BBK hampir memasuki ujungnya. Rangkaian acaranya dilakukan dengan berbagai cara. Yaitu dengan diskusi webinar dan perlombaan, yang diselenggarakan dari pusat hingga daerah.

Ia berharap acara ini bisa mengaktualisasikan gagasan dan ide Bung Karno secara kekinian. Dengan begitu, ajaran dan gagasan Bung Karno dapat terus diingat oleh generasi milenial dan menghilangkan kesalahan dalam penafsiran.

"Ibu Megawati menginginkan peringatan Bulan Bung Karno di tengah pandemi Covid-19 ini ditunjukkan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri," ungkapnya.

Djarot menyebut pandemi Covid-19 mengingatkan bangsa Indonesia untuk bisa berdikari, sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan.

Dalam webinar ini, hadir juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Menkes Letjen (Purn) TNI Terawan Agus Putranto, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

KEYWORD :

Pancasila Bulan Bung Karno Djarot Saiful Hidayat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :