Sabtu, 20/04/2024 03:46 WIB

KKP Bagikan 850 Paket Ikan untuk Operasi TNI AL

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan 850 paket ikan untuk mendukung operasi kemanusiaan TNI Angkatan Laut (AL) bertajuk Surya Bhaskara Jaya (SBJ) 2020.

850 paket ikan untuk operasi kemanusiaan TNI AL Surya Bhaskara Jaya (SBJ) 2020 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan 850 paket ikan untuk mendukung operasi kemanusiaan TNI Angkatan Laut (AL) bertajuk Surya Bhaskara Jaya (SBJ) 2020.

"Rincian bantuan tersebut di antaranya tortila rumput laut, ikan sarden kaleng, Abon Ikan dan Krispy Ikan,” kata Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Machmud beberapa waktu lalu.

Machmud berharap para pemangku kepentingan dan seluruh Keluarga Besar TNI AL dapat berperan aktif dalam mendukung Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), sekaligus menjadi agen perubahan dengan mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Terlebih, pemenuhan gizi masyarakat terdampak Covid-19 juga menjadi perhatian dan perlu segera ditangani.

"Oleh karenanya, pelaksanaan Safari Gemarikan terus diperluas dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat terdampak Covid-19," terang Machmud.

Sementara Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Markas Besar TNI AL, Brigjen TNI (Mar), Widodo Dwi Purwanto mengungkapkan SBJ 2020 akan diisi kegiatan bakti sosial, berupa penyerahan bantuan paket cuci tangan untuk TK dan SD di bawah Yayasan Hang Tuah.

Selain itu ada pula penyerahan 1.333 paket sembako kepada perwakilan Pegawai Honor Lepas (PHL) Pelayanan Siswa satuan wilayah Jakarta, perwakilan warga Kalibaru dan Marunda Cilincing, penyerahan Paket Imunitas untuk 632 guru dan karyawan Yayasan Hang Tuah, serta pemberian paket suplemen dan makanan bayi di komplek TNI Angkatan Laut.

"Bantuan produk-produk olahan berbahan baku ikan beserta materi sosialiasi Gemarikan dari KKP melengkapi bantuan yang akan kami berikan," ujar Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Widodo memastikan pihaknya juga turut mensosialisasikan Program Gemarikan sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh.

"Karena ikan mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh," terang dia.

Sebagai informasi, selama Juni KKP melalui PDSPKP bekerja sama dengan Komisi IV DPR RI membagikan 40.000 paket Gemarikan. Paket tersebut dibagi di 80 titik yang tersebar di 19 Provinsi dimana masing-masing titik akan mendapatkan 500 paket.

Program Gemarikan sendiri merupakan salah satu upaya KKP untuk mendukung dan memastikan sektor perikanan tangkap dan budidaya serta pengolahan ikan tetap berdaya saing pada situasi pandemi.

KEYWORD :

Program Gemarikan Kementerian Kelautan dan Perikanan TNI AL




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :