Rabu, 17/04/2024 00:16 WIB

15 Wakil Provinsi Berebut Gelar Pemuda Mandiri Perdesaan

Pemilihan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah terhadap para pemuda di seluruh Indonesia.

ilustrasi

Jakarta - Sebanyak 15 orang peserta yang merupakan wakil dari 15 provinsi di tanah air mengikuti proses pemilihan Pemuda Mandiri Perdesaan Tingkat Nasional 2016  di Hotel Mitra, Bandung, Jawa Barat, 13-15 September 2016. Wakil-wakil terbaik dari tingkat provinsi ini akan memperebutkan penghargaan yang akan diserahkan pada acara Hari Sumpah Pemuda (HSP) 2016, 28 Oktober mendatang.

Ke-15 peserta tersebut adalah  Jalalussayuti (NTB), Titin Utari (Jateng), Irvan Zidni Ramdani (Kalteng), Marzuki (Sumsel), Muhammad Ja`far Hasibuan (Sumut), Kabul Ibrahim (Jabar), Hasrianto (Sulsel), Fresya Aprina Lumi (Maluku), Hamdan Dewi Maistri, S.Pd (Lampung), Muliadi Halil (Aceh), Jedi Suhirman (Bali), Khairul Afdi (Riau), Muamar Reza Lukman Hakim (DKI Jakarta), R. M. Imam Abdillah (Banten) dan Fice Reli (Jambi.

Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemenpora, Ibnu Hasan mengatakan, 15 peserta yang mengikuti pemilihan tingkat nasional ini adalah hasil seleksi yang telah dilakukan sebelumnya. "Seleksi dilaksanakan secara bertahap dimulai dari kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga nasional. Bagi yang berhasil melalui penilaian dewan juri akan dinobatkan sebagai Pemuda Mandiri Perdesaan Berprestasi tahun 2016 dan akan menerima penghargaan bertepatan dengan acara Hari Sumpah Pemuda nanti," kata Ibnu.

Menurutnya, salah satu tujuan dilakukannya pemilihan PMP ini sebagai wujud apresiasi pemerintah dalam hal ini Kemenpora terhadap para pemuda di seluruh Indonesia yang terus giat membangun kemandirian di desa tempat tinggalnya. "Harapan kita dengan semakin banyaknya pemuda desa yang terus membangun kemandirian di desanya akan menekan angka urbanisasi setidaknya dari kalangan pemuda. Selain itu, potensi dan sumber daya alam yang ada di desa bisa terus dimanfaatkan dengan baik," jelasnya.

Kabid Pengembangan Desa dan Daerah Khusus, Fauzia Helianti menambahkan, seluruh peserta seleksi Pemuda Mandiri Perdesaan baik di tingkat provinsi maupun nasional adalah Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan (PSP3) dari angkatan 24 dan 25 yang baru saja menyelesaikan masa kontraknya sebagai peserta PSP3.

KEYWORD :

Pemuda Desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :