Selasa, 23/04/2024 20:08 WIB

Liga Arab Desak Pasukan Asing Angkat Kaki dari Libya

Liga Arab menyerukan penarikan pasukan asing dari Libya, dan mendesak diselenggarakannya pembicaraan untuk mengakhiri konflik di negara Afrika utara tersebut.

Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi memimpin sesi KTT Liga Arab ke-30 di Tunis (Foto: Fethi Belaid / Pool via AFP)

Tripoli, Jurnas.com - Liga Arab menyerukan penarikan pasukan asing dari Libya, dan mendesak diselenggarakannya pembicaraan untuk mengakhiri konflik di negara Afrika utara tersebut.

Pertemuan virtual yang digelar atas permintaan Mesir itu, datang di tengah konflik yang berkobar di Libya, antara pemerintah yang didukung Turki di barat dan pasukan berbasis negara di timur yang setia kepada Jenderal Khalifa Haftar.

Konferensi video itu dihadiri oleh perwakilan dari 21 negara-negara Arab, termasuk Pemerintah Libya Kesepakatan Nasional (GNA), yang telah menentang pertemuan awal pekan ini.

Resolusi 14 klausul yang diajukan oleh Liga Arab menetapkan "menolak semua intervensi asing tidak sah" di Libya, dan menyerukan "penarikan semua pasukan asing di wilayah Libya dan perairan regionalnya."

Perwakilan Libya, Saleh al-Shamakhi, menyatakan keberatan atas panggilan Liga Arab, mengatakan bahwa pasukan asing yang mendukung GNA membantu memutar balik "agresi" oleh pasukan Haftar.

GNA yang didukung Turki baru-baru ini membuat keuntungan militer besar-besaran terhadap pasukan Haftar, berusaha untuk mendapatkan kembali kendali atas barat dalam upaya gagal untuk merebut Tripoli.

Mesir, yang mendukung Haftar, telah memperingatkan bahwa kemajuan pasukan yang didukung Turki pada kota strategis Libya, Sirte, dapat mendorong intervensi militer Mesir. Pernyataan ini oleh dianggap sebagai deklarasi perang.

Bulan ini, Kairo mengusulkan inisiatif perdamaian yang menyerukan gencatan senjata, penarikan tentara bayaran dan membubarkan milisi di negara tetangga. Proposal itu ditolak oleh GNA dan Ankara.

Dan pada Selasa lalu, Liga Arab menyambut usulan Mesir dan mendesak faksi Libya untuk "terlibat secara positif" dengan inisiatif tersebut.

Shamakhi juga menyuarakan keberatan atas panggilan itu, mengatakan GNA tidak diundang untuk menjadi bagian dari inisiatif Kairo. Dia menambahkan bahwa "siapa pun yang ingin menengahi tidak boleh memihak satu pihak di atas yang lain."

Tunisia, Qatar dan Somalia menyatakan keberatan terhadap klausul yang dikritik oleh Libya. Selain Mesir, Uni Emirat Arab dan Rusia juga mendukung pasukan Haftar.

KEYWORD :

Libya Liga Arab Pasukan Asing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :