Jum'at, 19/04/2024 15:51 WIB

Brazil Catatkan Sejuta Kasus Covid-19

Brasil melaporkan lebih dari 54.000 kasus COVID-19 baru dalam 24 jam terakhir

Pelayanan rapid tes di Brazil

Jakarta, Jurnas.com - Brasil melaporkan lebih dari 54.000 kasus COVID-19 baru dalam 24 jam terakhir, menjadikan jumlah total kasus di negara ini lebih dari 1 juta pada Sabtu (21/06) waktu setempat.

Dilansir UPI, Kementerian Kesehatan Brazil mengatakan, peningkatan satu hari dari 54.000 kasus sebagian disebabkan oleh keterlambatan dalam pelaporan tiga negara. Peningkatan ini juga terkait dengan perubahan dalam bagaimana kasus dilaporkan.

Awal bulan ini, pemerintah Brasil menghapus data pada Covid-19 dan kematian dari situs web Departemen Kesehatan atas tuduhan bahwa jumlahnya meningkat untuk mengamankan lebih banyak dana federal.

Sebuah Mahkamah Agung keadilan kemudian memerintahkan pemerintah untuk menghentikan menyembunyikan data, sehingga website sekarang menunjukkan angka.

Kasus telah melonjak di Brasil dan di seluruh Amerika Latin baru-baru ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia untuk mempertimbangkan Amerika Latin sebagai pusat gempa pandemi baru.

Brasil memiliki 48.954 kematian akibat COVID-19, menurut catatan Universitas Johns Hopkins.

Negara ini nomor dua setelah Amerika Serikat dalam jumlah kasus dan kematian. Amerika Serikat memiliki 2,2 juta kasus dan 119.331 kematian akibat virus.

Presiden Donald Trump memutuskan hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia bulan lalu, menuduh "penyimpangan," dari China, bias terhadap China dan "penutupan" asal-usul COVID-19.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah mengancam akan memutuskan hubungan dengan WHO karena kekhawatiran serupa bahwa badan PBB itu memiliki bias "ideologis".

Juga, mirip dengan Trump, Bolsonaro telah meremehkan keparahan COVID-19, menyerang pesanan tetap di rumah dan menggembar-gemborkan klaim yang tidak berdasar tentang manfaat obat malaria hydroxycholoroquine.

China adalah negara pertama yang mendiagnosis COVID-19 pada Januari setelah awalnya mengidentifikasi penyakit itu sebagai pneumonia.

Sejak itu, negara ini melaporkan 84.525 kasus dan 4.638 kematian akibat COVID-19.

Negara ini sebagian besar mengendalikan wabah tanpa ada kasus yang ditransmisikan secara lokal selama 56 hari. Namun baru-baru ini, telah terjadi wabah baru di ibukota Cina.

Lebih dari 180 orang telah didiagnosis dalam kelompok kasus baru di pasar grosir Xinfadi. Sekolah-sekolah Beijing telah ditutup dan ribuan pekerja restoran di seluruh kota berbaris untuk diuji Kamis.

Daftar tunggu rumah sakit untuk pengujian COVID-19 meluas dalam beberapa kasus hingga September, outlet berita investigasi Cina melaporkan Caixin .

Wisatawan diwajibkan untuk menunjukkan bukti pengujian negatif untuk COVID-19 dalam waktu tujuh hari sebelum naik pesawat atau kereta api keluar dari Beijing.

Sementara itu, otoritas kesehatan China telah merilis pedoman baru bagi masyarakat untuk mencegah "kontaminasi percikan" makanan laut dengan membilas daging mentah di bawah keran.

Kekhawatiran atas pengiriman makanan virus menyebabkan boikot salmon impor di Cina, tetapi WHO dan Administrasi Makanan dan Obat AS mengatakan "tidak mengetahui adanya bukti" bahwa makanan dapat mengirimkan COVID-19.

Departemen pabean mengatakan telah menguji 47.812 sampel makanan laut, daging, sayuran dan buah impor antara 11-18 Juni, dan hasilnya negatif untuk virus corona.

Pejabat administrasi bea cukai Song Yueqian mengatakan pada hari Jumat bahwa Cina telah sepakat dengan para ahli global bahwa risiko impor makanan yang menularkan virus rendah, dan negara tidak akan memberlakukan pembatasan.

Di Jerman, pabrik pengemasan daging diperintahkan untuk tutup pada hari Jumat setelah ratusan pekerja terinfeksi.

Menurut Pusat Sumber Daya Bisnis dan Hak Asasi Manusia, rumah jagal hewan Jerman dalam beberapa tahun terakhir dikritik karena buruknya kondisi pekerja dan perumahan.

Jerman sekarang memiliki 190.670 kasus dan 8.895 kematian akibat virus, menurut pelacak global. Secara global, COVID-19 telah menginfeksi 8,69 juta orang dan membunuh 460.594 orang.

KEYWORD :

Kasus Covid-19 Wilayah Brazil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :