Sabtu, 20/04/2024 18:10 WIB

Pesantren Paling Aman dari Ancaman Covid-19

Protokol kesehatan yang diterapkan di pondok pesantren masih sama dengan di tempat-tempat lainnya

Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy.

Bandung, Jurnas.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menyatakan, pesantren bisa menjadi tempat belajar teraman dari ancaman COVID-19. Sebab, tidak semua orang bisa keluar-masuk secara bebas di lingkungan pondok.

Hanya saja, pondok pesantren harus tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

"Kalau bisa dipatuhi, justru pesantren adalah tempat yang paling aman untuk belajar mengajar. Kita memberi pesan, kepada wali santri, jangan coba-coba tidak mematuhi protokol kesehatan," kata Muhadjir di Bandung, Sabtu (20/6/2020).

Menurutnya, protokol kesehatan yang diterapkan di pondok pesantren masih sama dengan di tempat-tempat lainnya. Hanya saja, dia tidak menganjurkan kepada orang-orang untuk keluar masuk.

Karena kalau protokol itu dilanggar, maka justru pondok pesantren bakal memiliki risiko yang lebih besar. Jika pun seseorang ingin masuk ke kawasan pondok pesantren, maka harus menempuh protokol kesehatan yang juga ketat.

"Karena kalau dilanggar, risikonya sangat besar. Tapi kalau dipatuhi, pesantren akan lebih aman. Kalau semuanya bersih dan patuh, otomatis dari wilayah eksklusif, tidak akan bisa dijangkiti COVID-19 selama tidak ada orang yang masuk," katanya.

KEYWORD :

Pesantren MUhadjir Effendy Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :