Kamis, 18/04/2024 16:00 WIB

Prancis Didesak Hentikan Penjualan Senjata ke Mesir

Antara 2012 dan 2015 Mesir menggunakan kendaraan lapis baja yang diproduksi oleh Renault Trucks dan dikirim oleh Prancis

Bendera kebangsaan Mesir

Jakarta, Jurnas.com - Human Rights Watch (HRW) meminta Prancis menghentikan penjualan senjata ke Mesir. Hal itu dikarenakan penjualan senjata Prancis ke Mesir "mengejutkan" dan "mengerikan" mengingat catatan hak asasi manusia negara Afrika Utara itu.

Pernyataan tersebut mengikuti laporan terbaru pemerintah Prancis tentang ekspor senjata yang mendokumentasikan penjualan dan transfer 2019 negara Eropa.

Qatar berada di puncak daftar, diikuti oleh Arab Saudi dan kemudian Mesir, yang meraih penjualan senjata senilai € 1 miliar ($ 1,1 miliar).

"Angka-angka ini menggambarkan kontradiksi yang mendalam dari diplomasi Prancis," Direktur HRW Benedicte Jeannerod, dilansir Middleeast, Jumat (12/06).

Tidak hanya itu bertentangan dengan kewajiban internasional Prancis untuk tetap bertahan dalam menjual senjata ke [Mesir dan Saudi] meskipun risiko yang jelas mereka dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran serius dan kejahatan perang, penjualan tersebut memberikan lampu hijau yang efektif kepada para pelaku kekerasan.

"Mereka merusak kredibilitas Prancis dalam perannya mempromosikan hukum internasional dan nilai-nilai hak asasi manusia universal pada saat mereka menghadapi serangan serius di seluruh dunia," tambahnya.

Kewajiban internasional Prancis melarang penjualan senjata ke negara-negara di mana ada risiko tinggi mereka dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran senjata serius.

Human Rights Watch telah mendokumentasikan kejahatan perang yang dilakukan oleh tentara Mesir di Sinai Utara, di mana pemerintah melakukan kampanye yang berlarut-larut, tidak proporsional, dan tidak berhasil melawan afiliasi lokal Daesh yang menargetkan penduduk lokal.

Meskipun demikian, Prancis telah membenarkan dukungannya yang berkelanjutan dengan alasan bahwa Mesir adalah benteng melawan terorisme dengan Macron pernah menyatakan: "Keamanan Mesir adalah keamanan Prancis."

Amnesty International telah mendokumentasikan penggunaan peralatan Prancis dalam penindasan pasukan keamanan terhadap para demonstran di bawah Jenderal menjadikan Presiden Abdel Fattah Al-Sisi.

Antara 2012 dan 2015 Mesir menggunakan kendaraan lapis baja yang diproduksi oleh Renault Trucks dan dikirim oleh Prancis "dalam beberapa operasi penindasan internal paling berdarah," kata Amnesty.

Antara 2013 dan 2017 Prancis adalah pemasok senjata utama Mesir, mengirimkan peralatan militer dan keamanan senilai € 1,4 miliar ($ 1,6 miliar) pada tahun 2017.

Kerja sama militer antara Prancis dan Mesir telah meningkat sejak Al-Sisi mengambil alih kekuasaan dalam kudeta 2013 , meskipun fakta bahwa pelanggaran hak semakin memburuk.

Pada 2017 empat LSM menuduh Prancis berkontribusi terhadap represi.

KEYWORD :

Senjata Prancis Wilayah Mesir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :